Viral Vaksin Covid-19 Sinovac China Tiba di RI, Apa Isinya?

Tech - dob, CNBC Indonesia
21 July 2020 10:15
Sinovac, Vaksin Covid-19 (Dok.Sinovac.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Foto kemasan vaksin Covid-19 dari Sinovac Biotech ramai telah viral beredar di dunia maya. Vaksin ini disebut sudah masuk ke Indonesia dan akan segera diujicobakan ke manusia.

Dalam kemasannya tertulis dengan bahasa Inggris SARS-CoV-2 Vaccine (Vero cell) Inactived dengan ukuran 0,5 ml. Adapun kemasan vaksin didominasi warna putih dengan sedikit corak warna oranye.

Selanjutnya di dalam kemasan tertulis dalam bahasa China yang intinya adalah spesifikasi setiap tabung berisi 0,5 ml. Adapun dosis untuk setiap manusia adalah 0,5ml.


Berikutnya tertulis vaksin ini mengandung antigen coronavirus baru 1200SU.

Selanjutnya kemasan juga menerangkan isi dari vaksin adalah coronavirus baru yang tidak aktif dan kandungan-kandungan kimia lainnya. Adapun warna dari vaksin ini seperti tertulis dalam kemasan adalah cairan suspensi putih susu.

Meski demikian belum bisa dipastikan apakah foto ini merupakan vaksin Covid-19 sebenarnya. Namun, Bio Farma pernah mengkonfirmasi akan bekerja sama dengan Sinovac Biotech China untuk melakukan uji klinis fase tiga. Bila berhasil maka akan diproduksi massal pada 2021.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengkonfirmasi bahwa kandidat vaksin Covid-19 dari Sinovac Biotech sudah tiba di Indonesia dan sekarang dalam proses uji klinis tahap tiga di Bio Farma.

Vaksin Covid-19. Dok: IstFoto: Vaksin Covid-19. Dok: Ist


"Kami memang berharap nanti setelah selesai uji klinis dan dites maka bisa diproduksi juga di Indonesia. Beberapa negara memang mengajak kita kerja sama," ujar Arya Sinulingga dalam konferensi pers virtual, Senin (20/7/2020).

Arya Sinulingga menambahkan dipilihkan Bio Farma dalam melakukan uji klinis karena perusahaan farmasi plat merah ini cukup dikenal dikalangan internasional dan dianggap mampu melakukan pembuatan dan uji klinis vaksin.

"Jadi jangan heran kalau Bio Farma memang dipercaya beberapa negara untuk diikutsertakan [dalam uji vaksin Covid-19]," tambah Arya.

"Saya dapat informasi vaksin Sinovac agak berbeda dengan yang lain karena dia agak melebar dia agak bisa untuk beberapa jenis virus corona yang berkembang. Jadi dicoba di China juga, saat ini kita proses juga coba itu."


[Gambas:Video CNBC]

(dob/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading