Resmi! Google Suntik Startup Mukesh Ambani Rp 65,25 T

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
15 July 2020 18:52
Jio Platform. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Google mengkonfirmasi akan menginvestasikan US$4,5 miliar atau setara Rp 65,25 triliun ke Jio Platforms, startup milik Mukesh Ambani, orang terkaya Asia.

Dengan akuisisi ini Google akan memiliki 7,73% saham Jio Platforms. Investasi ini akan terealisasi setelah dapat persetujuan dari regulator India. Google akan bergabung dengan Facebook, Intel, dan Qualcomm sebagai pemegang saham.

Dengan adanya suntikan dana dari Google, Jio Platforms telah berhasil mengumpulkan lebih dari US$20 miliar dana investor dalam empat bulan di era pandemi Covid-19. Angka ini setara dengan 32,97% saham Jio Platforms. Sisanya dimiliki oleh Mukesh Ambani.


Kerja sama pertama Google dan Jio Platforms adalah pengembangan smartphone terjangkau entry level dengan optimasi ke sistem operasi Android dan Play Store.

"Bersama kami bersemangat untuk memikirkan kembali, dari bawah ke atas, bagaimana jutaan pengguna di India dapat menjadi pemilik smartphone. Upaya ini akan membuka peluang baru, semakin memperkuat ekosistem aplikasi dan mendorong inovasi untuk mendorong pertumbuhan bagi perekonomian India yang baru," ujar Google dalam keterangan pers, Rabu (15/7/2020).

Jio Platforms merupakan perusahaan digital yang memiliki anak usaha operator seluler yang menawarkan internet 4G, paket data murah dan telepon domestik gratis sepanjang hari. Saat ini pelanggannya sudah mencapai 388 juta.

Jio Platforms juga punya anak usaha pembuat ponsel fitur, atau ponsel dengan layanan internet sederhana. Perusahaan ini didirikan pada 2017 dan setahun kemudian sudah menguasai 21% pasar handset India.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading