'Malaikat Pencabut Nyawa' Incar Pasien Hipertensi Hingga Asma

Tech - dob, CNBC Indonesia
13 July 2020 12:34
INFOGRAFIS, Mengenal Virus Corona dan Cara Mencegahnya

Jakarta, CNBC Indonesia- Pemerintah meminta kepada pasien yang memiliki penyakit penyerta ataupun komordibitas untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah terlebih dahulu. Pasien komorbid merupakan salah satu orang yang rentan mengalami kematian bila terpapar virus corona baru penyebab Covid-19.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Doni Monardo mengatakan bahwa Covid-19 merupakan malaikat pencabut nyawa bagi mereka rentan. "Siapa saja yang rentan? Adalah lansia yang rata-rata usia di atas 60-70 tahun," ujarnya sesuai rapat terbatas, Senin (13/7/2020).

Selain itu, tuturnya, orang yang rentan adalah penderita komorbid, seperti hipertensi, diabetes, jantung, ginjal, kanker, asma, TBC dan beberapa penyakit lainnya.


"Namun kiranya mereka yang memiliki komorbid ini untuk tidak melakukan aktivitas dulu, tidak kegiatan keluar rumah. Dan kalau toh harus keluar rumah pun harus menjaga jarak, menghindari kerumunan. Jangan mendatangi tempat-tempat yang berisiko terjadinya penularan," ujarnya.

Hingga Minggu (12/7/2020), total 75.699 kasus Covid-19 di Indonesia, bertambah 1.681 kasus dibandingkan dengan sehari sebelumnya. Sementara itu, total pasien sembuh bertambah 919 kasus, sehingga total kesembuhan mencapai kasus 35.638 kasus. Sedangkan kasus meninggal bertambah 71 orang, sehingga total 3.606 orang.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading