Harga Emas Rekor US$1.800/Oz, Apa Kabar Bitcoin?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
09 July 2020 11:05
A Bitcoin (virtual currency) paper wallet with QR codes and coins are seen in an illustration picture taken at La Maison du Bitcoin in Paris July 11, 2014. REUTERS/Benoit Tessier

Jakarta, CNBC Indonesia - Para investor emas sedang bersuka cita karena harga emas cetak rekor tembus US$1.800/troy ons. Apakah kabar yang sama juga dirasakan Bitcoin yang disebut emas digital?

Pada perdagangan Kamis (9/7/2020) harga emas berada di level US$1.808,47 per troy ons. Sejak awal tahun harga logam mulai ini sudah membukukan kenaikan hingga 19%.

Melambungnya harga emas tak terlepas dari minat investor yang tinggi. Investor banyak yang melirik emas lantaran mencari suaka dari risiko ketidakpastian global yang ada. Belum ada tanda-tanda pandemi Covid-19 akan berakhir. Kasusnya malah terus meningkat.


Faktor pendorong lainnya adalah Tensi geopolitik yang tinggi terutama poros Washington-Beijing, semakin dekatnya pemilihan umum Amerika Serikat (AS), kerusuhan yang merebak di berbagai negara akibat kesenjangan sosial dan ekonomi membuat prospek ekonomi jadi suram.

Lantas bagaimana dengan Bitcoin? Sayangnya harga Bitcoin sekarang ini cenderung stagnan. Bitcoin masih kesulitan untuk menembus level US$10.000 per koin.

Mengutip Coindesk, Kamis (9/7/2020) pukul 10.37 WIB, harga Bitcoin berada di level US$55 per koin atau menguat 0,9% dalam 24 jam terakhir.

Padahal Mei lalu Bitcoin baru saja melakukan halving, proses pemprogram kembali Bitcoin yang memangkas pendapatan penambang dari proses mengurai algoritma matematika guna menghasilkan Bitcoin. Saat ini penambang mendapatkan imbalan 12,5 BTC per blok yang ditambang pada Mei nanti akan turun menjadi 6,25 BTC per Blok.

Proses halving ini dilakukan empat tahun sekali dan sudah dituliskan dalam kode yang mendasari Bitcoin. Tujuan untuk menjaga inflasi. Proses ini akan mengurangi pasokan Bitcoin yang masuk ke pasar sehingga harga bisa terdongkrak.

Melihat pergerakan harga Bitcoin dalam dua bulan terakhir, proses halving tidak menjadi sentimen positif untuk mendongkrak harga Bitcoin menuju rekor tertinggi sepanjang masa di US$20.000 pada akhir Desember 2017.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading