Modus Busuk Investasi Bodong & Tips Menghindarinya

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
03 July 2020 18:14
ini ciri-ciri investasi bodong

Jakarta, CNBC Indonesia - Satgas Waspada Investasi menghentikan kegiatan dari 99 investasi bodong tak berizin. Investasi bodong ini memanfaatkan ketidakpahaman masyarakat untuk menipu dengan cara iming-iming pemberian imbal hasil yang tinggi dan tak wajar.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing mengatakan 99 investasi bodong ini menawarkan imbal hasil yang menggiurkan tanpa risiko. Hal ini menjadi penarik bagi masyarakat yang lagi susah.

"Kalau menemukan penawaran menarik lihat rasionalitas imbal hasilnya. Sangat menyesatkan kalau ada yang menawarkan [imbal hasil] fix 1%. Itu gak mungkin," ujar Tongam dalam konferensi pers digital, Jumat (3/7/2020).


Tongam juga mengimbau kepada masyarakat agar sebelum melakukan investasi untuk memastikan beberapa hal. Pertama, memastikan pihak yang menawarkan investasi tersebut memiliki perizinan dari otoritas yang berwenang sesuai dengan kegiatan usaha yang dijalankan.

Kedua, memastikan pihak yang menawarkan produk investasi, memiliki izin dalam menawarkan produk investasi atau tercatat sebagai mitra pemasar. Ketiga, memastikan jika terdapat pencantuman logo instansi atau lembaga pemerintah dalam media penawarannya telah dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Informasi saja, dari 99 entitas tersebut, 87 Perdagangan Berjangka atau Forex Ilegal, 2 Penjualan Langsung (Direct Selling) Ilegal, 3 Investasi Cryptocurrency Ilegal, 3 Investasi uang, dan 4 lainnya.

Berikut daftar 99 investasi bodong yang ditutup oleh Satgas Waspada Investasi:

Daftar Entitas Yang Dihentikan Satgas Waspada Investasi Hal 1
Daftar Entitas Yang Dihentikan Satgas Waspada Investasi Hal 2
Daftar Entitas Yang Dihentikan Satgas Waspada Investasi Hal 3Foto: Daftar Entitas Yang Dihentikan Satgas Waspada Investasi Hal 3

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading