Prediksi Suram Bill Gates soal Virus Corona Covid-19

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
30 June 2020 14:45
Bill Gates

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Microsoft Bill Gates memprediksi kasus positif virus corona Covid-19 di Amerika Serikat (AS) bisa kembali meningkat bila masyarakat masih tak mau menggunakan masker dan menolak jaga jarak (social distancing).

Jika tak berubah, Bill Gates mengingatkan kondisi bisa memburuk pada Oktober atau November saat suhu udara menjadi semakin dingin atau memasuki musim gugur.

"Pengobatan yang lebih baik mengurangi kematian, tetapi, terutama saat memasuki bulan Oktober dan November, hal ini akan kembali dalam jumlah besar, jika kita tidak menahan diri seperti saat ini," ujar Bill Gates kepada CNN dan dikutip dari Business Insider, Selasa (30/6/2020).


Dalam acara tersebut, Bill Gates juga menyuarakan kekecewaannya atas kepemimpinan Presiden Donald trump dalam memerangi Covid-19. AS belum menggunakan kekuatannya sebagai negara adikuasa untuk menahan penyebaran virus corona.

"Kita perlu memikirkan dunia kita saat ini dan saya masih cukup kecewa karena tak adanya kepemimpinan AS. Kita tahu sulit untuk merespons [pandemi] ini bila tak bersatu." jelas Bill Gates.

"Satu-satunya kabar baik dalam hal ini adalah angka kematian yang telah turun sedikit karena kita belajar memperlakukan orang lebih baik. Tapi gambara global dan AS lebih suram daripada yang saya harapkan."

Bill Gates menambahkan penurunan infeksi di AS karena suhu yang hangat di musim panas tetapi masyarakat akan menghadapi peningkatan risiko tertular ketika suhu dingin kembali.

Bill Gates dikenal sebagai miliuner yang memberikan perhatian besar untuk memberantas penyebaran virus corona. Melalui yayasan Bill & Malinda Gates Foundation ia menjanjikan US$100 juta memerangi Covid-19 termasuk menemukan vaksin.

Saksikan video terkait di bawah ini:

Penting! Panduan Baru WHO karena Covid Menular di Udara


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading