Bos Softbank Mundur Dari Alibaba, Pecah Kongsi sama Jack Ma?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
25 June 2020 14:25
CEO Softbank Masayoshi Son

Jakarta, CNBC Indonesia - Bos SoftBank Masayoshi Son menyampaikan pernyataan mengejutkan pada pertemuan pemegang saham tahunan perusahaan yang digelar Kamis (25/6/2020). Ia menyatakan akan mundur dari jajaran manajemen Alibaba Holdings.

Dalam penjelasannya, ia menepis anggapan keputusan ini sebagai pertanda ia berselisih dengan pendiri Alibaba, Jack Ma. Bulan lalu Jack Ma memutuskan mundur dari SoftBank setelah perusahaan investasi Jepang ini mencatatkan kerugian besar dalam investasi di startup.

"Ini bukan kami bertengkar," ujar Masayoshi Son untuk menenangkan pemegang saham, Bloomberg News melaporkan, Kamis (25/6/2020). "Kami sangat bersahabat."


Masayoshi Son dan Jack Ma merupakan teman baik mulai ketika SoftBank masuk sebagai investor awal dari Alibaba dan membantu raksasa e-commerce China ini memiliki valuasi US$600 miliar.

Masayoshi Son masuk jajaran manajemen Alibaba ketika perusahaan ini melantai di bursa saham pada 2014 dan menjadi salah satu IPO tersukses yang pernah ada. Adapun Jack Ma bergabung dengan SoftBank pada 2007.

Bagi SoftBank, Alibaba adalah aset berharga. e-Commerce inilah yang mengangkat nama SoftBank dan dianggap sebagai bukti sukses SoftBank di industri investasi dan startup. SoftBank bisa menjual saham Alibaba untuk mendapatkan dana segar.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading