Rencana Pemindahan Ibu Kota Baru di 2021 Jalan Terus

Tech - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
24 June 2020 15:15
Suharso monoarfa - Menteri Pn/bappenas (CNBC Indonesia/Shalini)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian PPN/ Bappenas mengajukan anggaran sebesar Rp 1,509 triliun untuk APBN 2021. Adapun anggaran ini lebih kecil dibandingkan tahun 2020 sebesar Rp 1,82 triliun.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pagu indikatif 2021 ini akan digunakan sebesar 50,4% untuk perencanaan pembangunan nasional dan 49,6% untuk program dukungan manajemen.

Untuk program perencanaan pembangunan, salah satu yang akan dilanjutkan adalah pembahasan mengenai pembangunan ibu kota negara (IKN) baru. Selain itu juga penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.


"Kegiatan utamanya berdasarkan fungsi perencanaan penyusunan RKP, gugus tugas, RPJMN, juga melakukan koordinasi rencana pemindahan IKN. Jadi IKN tetap dilakukan, kemudian termasuk fasilitasi transisi ke otoritas IKN," ujarnya di Ruang Rapat Komisi XI, Rabu (24/5/2020).

Menurutnya, untuk detail anggaran koordinasi ibu kota negara baru belum diputuskan. Namun, ia memastikan pembahasan masterplan IKN baru tetap dilakukan dan akan segera difinalisasi.

"Jadi IKN ini, kita hari ini hanya kira-kira menggunakan, hanya meneruskan pekerjaan masterplan. Apakah ini akan dilanjutkan? Kita sedang menimang-nimang untuk melanjutkan, dan kenapa? Kita membutuhkan lokomotif penghela yang di mana modal itu bisa melakukan reproduksi yang luar biasa," jelasnya.

Lanjutnya, jika perencanaan pembangunan IKN baru tetap dilanjutkan, pemerintah memastikan tidak akan terlalu membebani APBN. Sebab, pemerintah akan menarik banyak investor untuk masuk.

Apalagi, saat ini tidak ada pembangunan proyek baru yang besar-besaran, sehingga ia menilai pembangunan IKN baru bisa membuat banyak investor tertarik untuk masuk.

"Karena hari ini di dunia tidak ada sebuah proyek ya. Di dunia sebuah proyek yang menjadi daerah tujuan investasi besar-besaran sedang tidak ada, sehingga kita berharap dengan kacamata itu orang akan hadir gitu. Apakah itu sebuah bisnis opportunity? saya kira iya," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading