Kapan Ibu Kota Negara Baru Punya 5G? Ini Kata Menkominfo

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
20 January 2022 08:20
FILE PHOTO: FILE PHOTO: A person checks out the new Xiaomi Mi 9 mobile phone ahead of the Mobile World Congress (MWC 19) in Barcelona, Spain, February 24, 2019. REUTERS/Rafael Marchante/File Photo/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Ibu kota negara (IKN) dipastikan pindah ke wilayah Kalimantan. Menkominfo, Johnny Plate memastikan akan ada 5G di sana namun tidak menyebut waktu pasti penyelenggaraannya.

"(5G) Pada saat dibangun selesai," kata Johnny ditemui di Kantor Kominfo, Rabu (19/1/2022).

Dia mengatakan IKN akan mulai beroperasi tahun 2024. Johnny mengharapkan saat itu, persiapan lainnya akan dimulai pada waktu yang sama.


"Kita harapkan persiapannya bisa dimulai saat itu," ungkapnya.

Dia mengatakan IKN bernama Nusantara akan diinginkan menjadi kota cerdas atau smart capital city. Ini harus didukung oleh infrastruktur yang memadai.

Termasuk yang akan pengembangan infrastruktur telekomunikasi 5G. Ini salah satu hal penting untuk mewujudkan kota cerdas.
"Menyiapkan dukungan spektrum di setiap low band di super high band mendukung Nusantara sebagai ibu kota yang cerdas," jelas Johnny.

Sebagai informasi dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No 2 Tahun 2021 tertuang rencana pengembangan 5G di Indonesia. Di IKN jaringan itu akan tersedia tahun 2024 bersama dengan satu lokasi industri manufaktur.

Selain itu dalam aturan tersebut juga ada rencana pengembangan 5G di seluruh ibu kota provinsi di pulau Jawa dan lima destinasi wisata super prioritas. Rencananya seluruh wilayah mendapat akses 5G tahun 2023 mendatang.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

5G Dirilis, BUMN Kebut Teknologi Operasi Bedah Jarak Jauh


(npb/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading