Ilmuwan Nigeria Klaim Temukan Vaksin Covid-19

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
22 June 2020 16:33
Infografis: 4 Negara Pesan Vaksin Covid-19, Rogoh Berapa Triliun?

Jakarta, CNBC Indonesia - Tim ilmuwan dari Nigeria mengklaim menemukan vaksin unik yang dapat membantu mencegah infeksi virus corona Covid-19. Penemuan vaksin ini diumumkan pekan lalu oleh ilmuwan Universitas Nigeria.

Ketua tim penelitian Oladipo Kalowole mengatakan vaksin ini sedang dikembangkan secara lokal di Afrika untuk Afrika. Namun ketika vaksin tersebut diluncurkan akan bereaksi pada ras lain. Tim peneliti belum mengumumkan nama vaksin tersebut.

Oladipo Kalowole menambahkan tim ini bekerja dengan mengeksploitasi genom virus SARS-CoV-2 dari sampel di seluruh Afrika untuk memilih kandidat vaksin potensial terbaik. Butuh waktu minimal 18 bulan sebelum vaksin ini tersedia secara umum dan digunakan secara luas dengan alasan butuh banyak analisis dan uji coba serta persetujuan dari otoritas kesehatan.


Wakil rektor Universitas Nigeria, Solomon Adebola mengungkapkan universitas siap membantu pendanaan penelitian untuk membawa vaksin. Penelitian awal ini menggunakan dana dari Trinity Immunodeficient Laboratory dan Helix Biogen Consult senilai US$20.000.

"Kami senang vaksin yang akan memberikan solusi untuk masalah global seperti pandemi virus corona datang dari kebun. Adalah hasrat kami untuk menjadi penyedia solusi untuk pandemi global, dan kami siap mendukung agar vaksin menjadi kenyataan, "kata Adebola, seperti dikutip dari Times Now, Senin (22/6/2020).

Julius Oloke, Kepala Unit Koordinasi Kelompok Riset dan Wakil Rektor Universitas Precious Cornerstone mengatakan vaksin itu nyata.

"Vaksin itu nyata. Kami telah memvalidasinya beberapa kali. Ini ditargetkan untuk orang Afrika, tetapi juga akan bekerja untuk ras lain. Itu akan berhasil. Itu tidak bisa dipalsukan. Ini adalah hasil dari tekad. Butuh banyak upaya ilmiah," jelasnya.

Sesuai Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), setidaknya 13 vaksin COVID-19 eksperimental saat ini sedang diuji pada manusia dan lebih dari 141 kandidat sedang dalam tahap awal pengembangan.


[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading