Perusahaan ini Klaim Lampu Sinar UV Bisa Basmi Virus Corona

Tech - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 June 2020 10:55
Infografis: Jangan Panik! Risiko Kematian Corona Ternyata Rendah

Jakarta, CNBC Indonesia - Hingga saat ini, vaksin dan obat Covid-19 masih belum ditemukan. Hal itu pun mendorong beragam kalangan berlomba-lomba untuk menemukan cara membasmi virus tersebut.

Tidak hanya vaksin, sebuah produsen pencahayaan terbesar di dunia, Signify, mengklaim pada Selasa (16/6/2020) bahwa para peneliti di Boston University telah mengonfirmasi sinar ultraviolet (UVC) yang dibuat oleh perusahaan tersebut dapat bekerja mematikan sebagian besar virus corona hanya dalam hitungan detik.

Sinar matahari sendiri sudah diketahui dapat membunuh virus di luar ruangan. Para pembuat lampu pun berharap lampu UVC dapat digunakan untuk membantu mengurangi jumlah virus di area dalam ruangan.


"Mengingat potensi teknologi untuk membantu perang melawan virus corona, Signify tidak akan menyimpan teknologi untuk penggunaan eksklusif tetapi membuatnya tersedia untuk perusahaan pencahayaan lainnya," kata CEO Signify Eric Rondolat dalam sebuah pernyataan seperti dikutip New York Post, Rabu (17/6/2020).



Pernyataan itu menyebut bahwa radiasi dari sinar ultraviolet melengkungkan struktur materi genetik virus corona. Hal itu mencegah partikel virus membuat lebih banyak pembelahan diri mereka sendiri.

Lantaran banyaknya permintaan, perusahaan itu juga segera meningkatkan produksi untuk memenuhi pesanan mereka. Penelitian juga telah menunjukkan sinar UVC dapat digunakan terhadap virus corona penyebab penyakit lain seperti SARS.

"Untuk melayani kebutuhan yang semakin meningkat akan desinfeksi ruangan, kami akan meningkatkan kapasitas produksi kami berlipat ganda dalam beberapa bulan mendatang," kata Eric.



[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading