Teganya! Perusahaan Ini PHK 4.000 Karyawan via Zoom

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
27 May 2020 15:47
Rabbi Haim Ovadia leads a virtual morning minyan via electronic tablet as 32 people attending his Zoom meeting pray with him during a virtual morning minyan transmitted from Ovadia's home in Potomac Md., Monday, April 6, 2020. Ovadia started the virtual morning minyan, daily prayers that typically require the physical presence of ten adult Jews in the same room, after coronavirus concerns closed many synagogues. He also has an afternoon minyan and classes online.
Jakarta, CNBC Indonesia - Weight Watchers, perusahaan penurun berat badan, dikabarkan telah memecat ribuan karyawannya kurang dari lima menit dengan menggunakan aplikasi Zoom. Aksi ini dilakukan pekan lalu dan membuat karyawan kecewa.

Perusahaan ini mengkonfirmasi telah memecat karyawan, tetapi tidak mengungkap jumlahnya karena penurunan bisnis karena virus corona Covid-19. Pekan ini perusahaan akan membuka kembali operasionalnya.

"Corona telah memaksa penutupan gerai fisik kami di seluruh dunia dan kami harus membuat beberapa keputusan sulit yang secara langsung berdampak pada kehidupan kepada beberapa anggota tim kami yang berharga," ujar Weight Watchers, seperti dikutip dari DailyMail, Rabu (27/5/2020).


Menurut sumber yang mengetahui hal ini jumlah karyawan yang di PHK mencapai 4.000 orang tapi perusahaan tidak mengkonfirmasi angka tersebut.

Kabar pemecatan ini pertama kali muncul di situs The Layoff pada 14 Mei 2020 dengan mengatakan adan ribuan karyawan yang di-PHK melalui aplikasi Zoom. Setelahnya ada yang menimpali postingan tersebut dengan menyebut karyawan yang dipecat mencapai 4.000 orang.

Dalam postingan tersebut mereka dihubungi melalui email untuk menghadiri rapat online wajib dan ada seseorang membacakan skrip tentang pemecatan tersebut. Karyawan tidak bisa mengajukan pertanyaan karena semuanya di-mute.

"Untuk para wanita juara, untuk FIRE 4.000 yang sebagian wanita yang mengabdi di perusahaan dalam jangka panjang, pengumuman PHK melalui panggilan telepon 3 menit itu menjijikkan," kata salah satu akun yang mengomentari PHK tersebut.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading