Pak Jokowi, Insentif Kartu Prakerja Rp 600 Ribu Belum Cair

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
11 May 2020 13:37
Infografis/Tanpa Kartu Prakerja, Ini Kursus Online Gratis Selama Corona/Aristya Rahadian Krisabella
Jakarta, CNBC Indonesia - Peserta penerima program Kartu Prakerja, sampai hari ini Senin (11/5/2020) mengakui belum menerima insentif sebesar Rp 600 ribu setelah selesai pelatihan, yang selama ini dijanjikan oleh pemerintah.

Tiga peserta Prakerja gelombang pertama, Yoga (21), Yolanda (27), dan Adittya (23) mengatakan kepada CNBC Indonesia bahwa mereka belum menerima insentif Rp 600 ribu.


"Saya sudah menyelesaikan pelatihan sejak 29 April 2020 lalu. Dalam notifikasi yang masuk ke saya 7x24 jam insentifnya katanya sudah cair, tapi sampai sekarang belum juga," kata Yoga, Senin (11/5/2020).


Hal yang sama juga diakui Yolanda (27) dan Adittya (23). Adittya bahkan mengakui dirinya sudah menyelesaikan pelatihannya sejak 27 April 2020 lalu. "Insentif saya sampai hari ini belum masuk juga," kata Adittya.

Untuk diketahui, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dirinya sudah mencairkan Rp 1,62 triliun yang diperuntukkan memberi insentif kepada 456.265 peserta Prakerja gelombang pertama dan kedua.

Infografis: Ini Deretan Kursus Online Paling Diminati di Kartu PrakerjaFoto: Infografis/Ini Deretan Kursus Online Paling Diminati di Kartu Prakerja/Arie Pratama
Infografis: Ini Deretan Kursus Online Paling Diminati di Kartu Prakerja

Terpisah, Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja Panji Winanteya Ruky mengatakan, dirinya membenarkan, bahwa anggaran yang sudah dicarikan Sri Mulyani tersebut sudah masuk ke rekening Dana Bantuan Kartu Prakerja yang dikelola oleh PMO (Project Management Office).

Kendati demikian, agar dana tersebut dapat disalurkan ke penerima peserta pelatihan program prakerja, dibutuhkan laporan penuntasan pelatihan, dan pihaknya mengalami kendala dalam sistem program prakerja.

"Kendalanya, semua proses ini masih dilakukan manual, karena pengembangan sistem secara otomasi masih dalam proses. Sehingga butuh waktu lebih lama mengingat keterbatasan sumber daya di Manajemen Pelaksana. Maka itu kami sedang mempercepat pengembangan sistem," kata Panji, Senin (11/5/2020).

Apakah sudah ada penerima peserta pelatihan program Prakerja yang sudah mendapatkan insentif? Sayangnya, Panji enggan menjawab pertantayaan tersebut kepada CNBC Indonesia.

[Gambas:Video CNBC]




Artikel Selanjutnya

8 Startup Digital Bisa Untung Rp 3,7 T dari Kartu Prakerja?


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading