Pil Kina hingga Herbal, Ini Obat Corona yang Sedang Diuji RI

Tech - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
11 May 2020 12:51
Peneliti melakukan pemisahan hasil ekstraksi tanaman herbal di di Lab Cara Pembuatan Obat Tradisonal Baik (CPOTB) Pusat Penelitian Kimia LIPI, Puspitek, Tangerang Selatan,Rabu (6/5/2020). Saat ini laboratorium Cara Pembuatan Obat Tradisonal Baik (CPOTB) sedang menguji beberapa tanaman herbal yaitu ekstrak Cassia Alata (daun ketepeng badak) dan Dendrophtoe Sp (daun benalu) untuk dijadikan obat penyembuhan sekaligus penghambatan covid-19. (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Bambang Brodjonegoro, mengungkapkan pemerintah sedang melakukan uji klinis (clinical trial) sejumlah obat yang dipakai ke pasien positif virus corona (Covid-19). Obat tersebut yakni dari herbal hingga pil kina.

Bambang mengatakan untuk suplemen pasien corona, pihaknya sedang melakukan uji klinis obat berbahan herbal yang diharapkan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Uji klinis ini dilakukan di Rumah Sakit Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.


"Untuk terapi plasma convalescent, sudah dikembangkan oleh beberapa rumah sakit dan saat ini saat ini sudah ada protokol nasional untuk melakukan uji klinis di lebih banyak rumah sakit di Indonesia, sehingga diharapkan bisa meningkatkan tingkat kesembuhan dari pasien Covid-19," ujarnya.


Meski begitu, menurut Bambang, masih dibutuhkan waktu untuk menemukan vaksin corona.

Tetapi pemerintah sudah mulai dengan Whole Genome Sequencing yang tangani oleh Eijkman Institute dan Universitas Airlangga Surabaya guna deteksi virus corona yang beredar atau mewabah di Indonesia.

"Kemudian untuk serum saat ini prosesnya sedang di tahap awal. Satu lagi kami juga sudah mulai dikembangkan pendekatan Stem Cell untuk bisa memperbaiki jaringan paru-paru yang rusak akibat covid-19," jelas Bambang.


[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading