Tokopedia Dibayangi Krisis Kepercayaan dari Konsumen

Tech - Savira Wardoyo, CNBC Indonesia
05 May 2020 21:07
Infografis: Cara Cek Data Akun Tokopedia Bocor atau Tidak
Jakarta, CNBC Indonesia -  Tokopedia  kini dibanjiri krisis kepercayaan oleh para pelanggannya. Ini gegara kabar 91 juta data penggunanya bocor dan diperjualbelikan di situs gelap.

Menanggapi hal ini, Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Ignatius Untung memastikan, bahwa Tokopedia adalah korban.

" Peretasan ini akan menurunkan kepercayaan konsumen, jadi tidak ada platform yang secara sengaja, menurunkan kepercayaan konsumennya terhadap mereka. Artinya tidak ada satu player pun yang akan mengabaikan masalah security," Ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Melalui ZOOM, Selasa (5/5)


Ia menghimbau, bagi seluruh pengguna e-commerce, untuk terus menjaga keamanan akunnya secara berkala, untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

" Cara mudahnya, merubah password setiap 3 bulan sekali. Namun langkah ini pun juga tidak menjamin apa-apa," Jelasnya

Ia pun turut meminta semua pihak, untuk melihat permasalahan dengan lebih bijaksana. Karena menurutnya, setiap platform yang mengalami pembobolan data, harus ditempatkan sebagai korban, bukan sebagai pelaku.

"Kita juga dorong pemerintah, soal undang-undang tentang perlindungan konsumen, untuk tidak fokus pada perusahaan yang dibobol saja, tapi yang membobol juga harus dikejar dan diberi efek jera," Jelasnya



[Gambas:Video CNBC]





(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading