Ayo Daftar, Jokowi Cari 2 Juta Peserta Kartu Prakerja Sebulan

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
29 April 2020 18:13
Kartu Prakerja
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah mengumumkan pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang III akan ditutup besok, Kamis (30/4/2020) pukul 16.00 WIB. Adapun dalam sebulan ini, pemerintah menargetkan bisa menerima 2 juta penerima pelatihan program Prakerja.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan, saat ini manajemen pelaksana sudah meloloskan 456.265 orang yang berhak mendapatkan pelatihan di program Kartu Prakerja.

"Pada gelombang pertama kami sudah menerima 168.111 orang yang lolos dan gelombang kedua ada 288.154 peserta yang lolos," kata Denni dalam video conference, Rabu (29/4/2020).


Adapun kata Denni angka penerima program Kartu Prakerja di setiap gelombang memang bervariasi. Hal ini sesuai arahan dari Ketua Komite Kartu Prakerja yaitu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.


"Jadi, di saat tahap awal yang diminta itu adalah 200.000 peserta. Tapi kemudian Pak Menko [Airlangga Hartarto] melihat sistemnya hanya bisa ke 168.000. Kemudian pada gelombang kedua, beliau meminta kami untuk menerima 300.000 peserta pelatihan. Tapi karena proses yang sama, yang terjaring 288.154 orang," jelas Denni.

Pada gelombang berikutnya, menurut Denni, manajemen pelaksana juga sebenarnya diminta untuk bisa menerima 600 ribu penerima pelatihan Kartu Prakerja. Sayangnya manajemen tidak bisa menyanggupi itu.

Akhirnya, pemerintah pun memutuskan untuk menargetkan kepada manajemen pelaksana untuk bisa menerima peserta program Prakerja mencapai 2 juta orang dalam satu bulan ini.

"Karena kami melihat memang animo dari publik begitu tinggi, yang menunjukkan harapan publik juga tinggi, makanya mereka mendaftar. Pak Menko [Airlangg Hartarto] minta agar penerima Prakerja mendekati angka 2 juta dalam satu bulan ini. Itu arahannya, dan manajemen pelaksana berusaha melaksanakan itu," tuturnya.

Denni menuturkan, jumlah masyarakat yang mendaftar sampai dengan 28 Maret 2020, tercatat sebanyak 8,6 juta orang. Sementara baru dua gelombang kelompok yang telah dinyatakan lolos dan dapat menerima pelatihan.

Denni bilang, pemerintah terus membuka pendaftaran program Kartu Prakerja setiap minggunya dan pendaftaran pun dapat dilakukan kapan saja sebab  prosesnya dibuka selama 24 jam.

Dennii juga meminta kepada masyarakat yang belum menerima pelatihan tidak perlu berkecil hati. Karena tahun ini pemerintah menargetkan untuk bisa memberikan pelatihan program Kartu Prakerja kepada 5,6 juta masyarakat.

Sejauh ini, program belajar ketrampilan Bahasa Inggris menjadi salah satu materi favorit penerima manfaat Kartu Prakerja.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading