Jerman Mulai Uji Vaksin Covid-19 ke Manusia, Doakan Yah!

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
23 April 2020 14:33
Uji Coba Vaksin Corona Ke Manusia
Jakarta, CNBC Indonesia - Jerman menjadi negara terbaru yang akan mencobakan vaksin virus corona Covid-19 ke manusia. Vaksin ini diproduksi oleh BioNTech, perusahaan bioteknologi Jerman.

Uji coba ini akan dilakukan pada 200 peserta dengan rentan usia 18 tahun hingga 55 tahun. Vaksin ini bernama BNT162, yang dikembangkan perusahaan dengan raksasa farmasi Pfizer. BTN162 juga akan diujicobakan di AS bila mendapat restu dari otoritas setempat, seperti dilansir dari The Independent, Kamis (23/4/2020).


Dunia memang sedang berlomba-lomba untuk menemukan vaksin corona. Virus ini telah menewaskan lebih dari 177.000 orang dan menginfeksi hingga 2,5 juta penduduk.


Saat ini ada 86 tim di seluruh dunia yang sedang bekerja mengembangkan vaksi Covid-19, beberapa di antaranya sudah masuk tahap uji klinis. Sebelumnya, Inggris juga sudah mengizinkan pengujicobaan vaksin ke manusia.

Kandidat vaksin paling maju adalah dari China yang dikembangkan oleh unit Sinovac Biotech yang terdaftar di Nasdaq yang berbasis di Beijing dan oleh Institut Produk Biologi Wuhan, yang merupakan afiliasi dari Grup Farmasi Nasional China milik negara.

Pada bulan Maret, China juga memberi lampu hijau untuk percobaan klinis lain untuk kandidat vaksin yang dikembangkan oleh Akademi Ilmu Kedokteran Militer China dan perusahaan bioteknologi yang terdaftar di Hong Kong, CanSino Bio.

Di Amerika Serikat (AS), pengembang obat Moderna telah memulai tes ke manusia untuk vaksin yang dikembangkannya dengan Institut Kesehatan Nasional AS.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading