Pilih Mana: Ikut Kartu Prakerja atau Pelatihan di YouTube?

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
20 April 2020 09:25
Lowongan Kerja di AS
Jakarta, CNBC Indonesia - Program Kartu Prakerja diharapkaan bisa memberikan dan meningkatkan keterampilan lewat pelatihan yang tersedia dalam 8 platform digital. Namun, tidak perlu kecewa jika tidak mendapatkan pelatihan dari program ini, karena banyak channel YouTube gratis yang juga bisa diikuti metode pelatihannya.

1. Editing Video

Channel Youtube bernama Daunnet Films - Anjas Maradita dengan jumlah subscriber yang telah mencapai 392 ribu ini menyediakan pelatihan terkait menyunting video dari berbagai tekhnik. Selain video, ada pula tips dan trik cara mengedit foto dan lain halnya.


2. Belajar Make Up

Bagi perempuan yang ingin mengasah keterampilan dalam hal merias wajah atau ingin menjadi make-up artist bisa belajar dan menonton video dari salah satu channel Youtube kecantikan seperti 'lindakayhz.video'. Youtube yang sudah memiliki 509 ribu subscriber ini banyak membuat video mengenai cara merias wajah.

3. Web Programming

Untuk belajar tentang programming memang tidak bisa dibilang mudah akan tetapi ada sarana untuk kalian dapat belajar untuk menjadi programmer handal di Youtube. Salah satunya channel Web Programming UNPAS memiliki banyak video pelatihan seperti membuat desain website dan lain sebagainya.

4. Belajar Masak

Dari sekian banyak channel Youtube bertemakan kuliner, 'Masak.Tv' merupakan Youtuber yang memberikan edukasi cara membuat beragam masakan beserta resep-resepnya. Bahkan sekitar 1.300 video masakan yang sudah ia upload di channel Youtubenya.

5. Belajar Menjahit

Kini belajar menjahit dapat kita saksikan melalui digital, channel Youtube bernama 'Belajar menjahit bersama Rajinrapi tailor' telah banyak mengupload video bagaimana cara menjahit dan membuat beragam pakaian baik itu yang modern maupun tradisioanal.

6. Belajar Elektro/Merakit Barang Elektronik

Bagi kalian yang menggeluti dibidang elektro dan elektronnika rasanya channel Youtube bernama Anak 'Agung Duwi Arsana' pantas menjadi tontonan anda. Pasalnya, konten yang dibahas oleh Youtuber dengan subscriber 640 ribu ini banyak sekali mengenai cara membuat atau merakit barang elektronik.

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading