Buka-bukaan Pemerintah Soal Seleksi Peserta Kartu Prakerja

Tech - Cantika Adinda Putri & Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
17 April 2020 16:53
[DALAM] Kartu Pra Kerja
Jakarta, CNBC Indonesia - Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja, Panji Winanteya Ruky mennjelaskan soal adanya tes kompetensi dasar dan tes motivasi yang harus diselesaikan peserta yang mendaftar program Kartu Prakerja.

Untuk mengikuti mengikuti seleksi Kartu Prakerja, warga harus mendaftar di situs prakerja.go.id. Mereka akan diminta untuk mengisi data berupa alamat email, foto selfie, hingga memasukkan nomor induk kependudukan (NIK).

Setelahnya warga akan melakukan ujian tes dasar dan ujian motivasi. Semua dilakukan di situs prakerja.go.id.

Panji mengungkapkan untuk penilaian tes kompetensi dasar, akan dinilai dari kemampuan si calon menjawab dengan benar 15 pertanyaan yang ada. "Tentunya tes kompetensi dasar sekali itu ada tesnya dan skornya. Dan jika memberikan jawaban yang benar, akan lolos," ucap Panji, (17/4/2020).


Panji menjelaskan bahwa tujuan diadakannya tes kompetensi dasar pada saat mendaftar program Kartu Prakerja untuk menyaring siapa saja yang memang pantas mendapatkannya.

Sehingga, menurutnya, para peserta program yang lolos adalah mereka yang mampu belajar dengan baik dan mampu memahami serta mengaplikasikan pelatihan nantinya.

"Karena anggarannya terbatas, jadi kita harus pastikan mereka yang benar-benar motivated dan memang mampu menyelesaikan pelatihannya. Jika kita sudah memberikan pelatihan dan kemudian dia tidak bisa menyelesaikan, karena tidak mengerti atau bagaimana," jelasnya.

Selain kompetensi dasar, adapula tes motivasi yang diujikan. Menurut Panji, tes ini cara penilaiannya dengan metodologi dari pakar psikolog. ia menambahkan dalam sistem penilaian tidak ada yang secara acak.

"Test kompetensi gak ada hubungannya dengan acak. Jadi, kompetensi dasar dan motivasi adalah bagian dari proses pendaftaran," kata Panji.

"Kompetensi dan Motivasi adalah bagian dari proses pendaftaran. Setelah dia melakukan proses pendaftaran, kemudian dia aligable untuk gabung di gelombang pendaftaran yang per minggunya itu. Alokasinya kan pemilihan pra kerja itu per minggu," tambahnya.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading