Grab & Good Doctor Beri Tes Corona Gratis Buat Mitra Driver

Tech - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
15 April 2020 18:16
Dok: Grab
Jakarta, CNBC Indonesia- Grab Indonesia melalui Grab Health powered by Good Doctor melakukan rapid tes dan PCR (Polymerase Chain Reaction) secara gratis untuk mitra pengemudi Grab dan 1.000 tenaga kesehatan. Grab Health juga memfasilitasi konsultasi gratis dengan dokter, layanan skrining mandiri risiko infeksi awal COVID-19 secara gratis untuk masyarakat luas melalui aplikasi.

Fase pertama program ini dimulai hari ini dengan memberikan rapid test kepada 1.000 tenaga kesehatan serta mitra pengemudi dan pengantaran Grab. Bagi mereka yang mendapatkan hasil positif melalui rapid test, kemudian akan menjalani pengujian PCR untuk konfirmasi lebih lanjut.

"Mulai hari ini, kami memperluas layanan dalam penyediaan rapid test dan PCR test gratis untuk mereka yang paling membutuhkan, yaitu para tenaga kesehatan di garis depan perjuangan melawan COVID-19, serta mitra pengemudi dan pengantaran Grab yang masih beraktivitas," kata Managing Director Good Doctor Technology Indonesia Danu Wicaksana dalam siaran resminya, Rabu (15/04/2020).


Layanan gratis ini dimulai sejak 15-30 April, terbuka untuk seluruh mitra pengemudi Grab dan tenaga kesehatan di area Jakarta. Sebelum melakukan tes, tenaga kesehatan dan mitra pengemudi dapat masuk ke aplikasi Grab dan mengakses layanan GrabHealth untuk berkonsultasi dengan mitra dokter Good Doctor di jam yang telah ditentukan.


Danu mengatakan konsultasi ini penting sebagai skrining menentukan tingkat risiko COVID-19. Hanya mereka yang berisiko sedang atau tinggi yang dapat mengikuti program rapid dan PCR test gratis ini.

"Seluruh biaya pengadaan alat dan pelaksanaan rapid test dan PCR test ditanggung sepenuhnya oleh Grab, Good Doctor dan SBC (Solidaritas Berantas COVID-19). Penyelenggaraan rapid test dilakukan secara drive-through, sehingga tenaga kesehatan maupun mitra pengemudi Grab yang akan mengikuti tes diharuskan untuk datang ke lokasi dengan menggunakan kendaraan, seperti motor atau mobil," katanya.

Sedangkan untuk PCR test akan dilakukan dengan sistem walk-in atau datang langsung ke rumah sakit yang telah ditentukan. Grab Health juga memastikan semua tahap dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dan sesuai dengan arahan pemerintah untuk menjaga jarak fisik (physical distancing).

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan keamanan dan kesehatan selalu menjadi prioritas utama Grab dan kini menjadi jauh lebih penting dibanding sebelumnya. Pelaksanaan rapid test dan PCR test ini dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan Grab Indonesia demi melindungi kesehatan dan keamanan mereka.

"Sejak diberlakukannya aturan PSBB mulai tanggal 10 April 2020 lalu, mitra pengemudi Grab masih beroperasi demi mendukung mobilitas penduduk DKI Jakarta dan sekitarnya. Lebih dari itu tim medis, sebagai ujung tombak penanganan pasien COVID-19, tetap memberikan pelayanan terbaik untuk para pasien," kata Neneng.

Dalam pelaksanaan tes, Good Doctor bekerjasama dengan RS Brawijaya sebagai tim pelaksana rapid test dan juga SBC yang didukung oleh Lab Mikrobiologi Klinik FKUI, RS Haji Jakarta dan RS Islam Jakarta Pondok Kopi sebagai penyedia PCR testing bagi tenaga kesehatan.


Arya Sinulingga, Staf Khusus Menteri BUMN dan Koordinator Tim Telemedicine Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengatakan untuk melayani masyarakat, hampir seluruh aktivitas driver dan tenaga kesehatan menempatkan mereka dekat secara fisik dengan pelanggan atau pasien. Untuk itu rapid test ini memiliki peran penting dalam memastikan keamanan mereka demi menekan laju penyebaran virus COVID-19.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif Good Doctor Technology Indonesia dan Grab Indonesia dalam melaksanakan rapid test COVID-19 untuk driver dan tenaga kesehatan, karena kedua profesi ini memikul tugas besar selama situasi krisis pandemi COVID-19," katanya.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya

Tak Pernah Kecelakaan, Jangan Takut Dapat Driver Grab Tuli


(dob/dob)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading