Sulit Daftar Kartu Prakerja di Prakerja.go.id? Ini Sebabnya

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
14 April 2020 09:56
INFOGRAFIS, Anggaran Triliunan “Tiga Kartu Sakti” Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia - Sejak diluncurkan pada 11 April 2020 lalu, sudah hampir ada 2 juta masyarakat yang mendaftarkan diri untuk mengikuti program kartu pra kerja. Hal ini membuat sebagian masyarakat kesulitan untuk mendaftar.

Calon peserta program kartu pra kerja, Yanuar (37) mengaku kesulitan untuk mendaftar program kartu pra kerja. Yanuar bercerita, adanya himpitan ekonomi di tempat kerjanya, membuat Yanuar terpaksa terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Dia berharap lewat program kartu pra kerja ini bisa menolongnya.


"Saya ikut program kartu pra kerja karena PHK. Kalau bisa mendapat pelatihan ini, bisa dapat insentif atau uang bulanan dari pemerintah selama 3 atau 4 bulan. Lumayan untuk kebutuhan dasar pokok sehari-hari dulu," kata Yanuar kepada CNBC Indonesia, Senin (13/4/2020).


Sayangnya, sudah beberapa kali mencoba mendaftar di situs resmi www.prakerja.go.id, dirinya mengaku kesusahan ketika mendaftar. Padahal dia sudah mencoba di semua situs pencari (browser), tapi tetap tidak berhasil mendaftar.

"Sudah mencoba berulang kali, tapi tetap susah. Sudah log-in, mengisi data, foto KTP, selfie foto dengan KTP. Tapi file tidak bisa dikirim. Sudah lewat chrome, opera, tidak bisa semua," ujarnya.

Kesulitan mendaftar program kartu pra kerja juga dialami oleh Fahri (27). Dia mengaku kesulitan untuk mendaftar. Sama seperti Yanuar, Fahri pun sudah mencoba dua kali mendaftar, namun tak juga berhasil terdaftar di situs www.prakerja.go.id.

"Udah verifikasi email, isi form, seperti nama, dan sebagainya. Terus diminta upload foto KTP dan selfie pake KTP, di sini gagal terus," kata Fahri kepada CNBC Indonesia, Senin (13/4/2020).

[Gambas:Video CNBC]



Respons Pemerintah Soal Kartu Pra Kerja
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading