Corona, Wisuda Universitas di Jepang Digantikan Robot

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
09 April 2020 17:06
Walau banyak upacara wisuda di Jepang dibatalkan karena khawatir wabah virus corona, para murid tetap bisa menghadirinya dari jarak jauh melalui robot avatar.
Jakarta, CNBC Indonesia - Walau banyak upacara kelulusan di Jepang dibatalkan karena kekhawatiran wabah virus corona covid-19, para murid tetap bisa menghadirinya dari jarak jauh melalui robot avatar dan hanya memerlukan koneksi dari rumah.

Contohnya, Business Breakthrough University di Tokyo yang menggunakan robot ciptaan perusahaan ANA Holdings yang dinamakan Newmee. Robot ini berpenampilan layaknya mahasiswa yang ingin di wisuda, lengkap mengenakan topi kelulusan dan gaun.


Wajah dari Newmee ini dibuat dari tablet monitor yang akan menampilkan avatar wajah para mahasiswa. Nantinya mereka cukup login dari rumah melalui laptop masing-masing untuk menghubungkannya ke monitor.


Saat pelaksanaan wisuda, satu per satu robot Newmee akan menuju podium untuk menerima diploma mereka. Staf sekolah bertepuk tangan dan berkata "selamat!" ketika Presiden Universitas Kenichi Ohmae meletakkan diploma di atas rak yang dipasang di bagian tengah robot. Mirip seperti acara wisuda pada umumnya.

"Saya pikir ini benar-benar pengalaman baru untuk menerima sertifikat di area publik saat saya berada di ruang pribadi," kata Kazuki Tamura melalui layar monitor, seperti dikutip dari Reuters, (9/4/2020).

Universitas berharap bahwa apa yang telah dilakukan ni dapat diadopsi oleh sekolah lain yang ingin menghindari pertemuan massal.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya upacara wisuda diadakan di Jepang karena wabah virus corona dari jarak jauh. Awal bulan lalu, dilaporkan bahwa sebuah sekolah dasar mengadakan upacara kelulusannya di Minecraft di mana para siswa hadir dengan tampil sebagai avatar virtual dalam permainan.

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading