Top! DJP Segera Tarik Pajak Digital untuk Netflix Cs

Tech - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
06 April 2020 12:36
Implementasinya diharapkan bisa segera dilakukan setelah aturan disepakati.
Jakarta, CNBC Indonesia - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan tengah menyusun aturan turunan untuk penarikan pajak atas transaksi digital. Implementasinya diharapkan bisa segera dilakukan setelah aturan disepakati.

DJP sebelumnya telah memasukkan pajak atas transaksi digital dalam Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perppu) nomor 1 tahun 2020 yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 31 Maret 2020. Perppu tersebut juga telah diserahkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani kepada DPR RI untuk segera dibahas.

"Kenapa kami memasukkan itu di dalam Perppu itu adalah sesuatu yang mendesak," ujar Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak (DJP) Hestu Yoga Saksama, Senin (6/4/2020).


Menurutnya, saat ini menarik pajak atas transaksi digital adalah hal yang harus dilakukan. Terutama penggunaan aplikasi digital yang berasal dari luar negeri banyak dilakukan saat mewabahnya Covid-19.

Namun, selama ini tidak bisa dilakukan karena perusahaan tersebut tidak memiliki Badan Usaha Tetap (BUT) atau kantor fisik di Indonesia. Oleh karenanya, aturannya dimasukkan ke Omnibus Law Perpajakan. Tapi, saat ini adalah keadaan mendesak sehingga tidak bisa menunggu Omnibus Law disahkan.

"Karena itu memang sangat mendesak dan mengingat jumlahnya ini kita prediksi semakin tinggi, apalagi saat ini seperti Zoom dipakai banyak sekali dan game online sangat tinggi sekali," jelasnya.

Dengan transaksi digital yang tinggi saat ini, dinilai akan bisa membantu penerimaan pajak yang tertekan akibat Covid-19 ini. Apalagi, DJP melihat potensi dari pajak digital di masa pandemik ini cukup besar.

"Nah inilah yang kita melihat potensi untuk meningkatkan basis pajak. Kalau bicara potensi secara nominal kita ada, kita melihat potensi nya cukup besar. Tapi saya tidak bisa menyebutkan berapa triliun, berapa rupiah. Itu untuk kami saja, kami akan laksanakan," tegasnya.

[Gambas:Video CNBC]




(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading