Tips Aman & Minimalisir Bahaya Zoombombing di Aplikasi Zoom

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
03 April 2020 10:21
Aplikasi zoom memiliki ancaman keamanan bernama zoombombing yang bisa diminimalisir. Berikut caranya.
Jakarta, CNBC Indonesia - Aplikasi zoom mendadak jadi pilihan banyak pihak untuk menggelar rapat online ketika praktik physical distancing ditetapkan guna menghambat wabah corona. Namun aplikasi ini memiliki ancaman keamanan yang bisa diminimalisir.

Aplikasi Zoom yang sedang naik daun ini sedang disorot risiko keamanannya (security). Terutama soal masa privasi dan kenyamanan ketika menggunakan aplikasi ini.


Salah satunya soal zoombombing, di mana ditemukan orang yang tak diundang menghadiri rapat online dan mengacau dengan ujaran kebencian, pornografi dan lainnya. Bahkan FBI sudah mengeluarkan surat peringatan soal masalah keamanan aplikasi ini.


CEO Zoom Eric Yuan dalam blog perusahaan merespons kekhawatiran ini dengan membekukan fitur update (pembaruan) untuk menyelesaikan isu keamanan. Ia berjanji masalah ini akan selesai paling lambat dalam 90 hari ke depan.

Berikut tips aman bagi pengguna saat menggunakan aplikasi Zoom, seperti dilansir CNBC Indonesia dari CNet, Jumat (3/4/2020):

1. Jangan gunakan ID kantor untuk rapat di Zoom. Gunakan ID khusus hanya untuk satu kali pertemuan.

2. Aktifkan fitur "Waiting Room" sehingga dapat melihat siapa saja yang mencoba bergabung dalam rapat sebelum diizinkan untuk mengakses rapat online. Caranya: Account Management > Account Settings > pilih Meeting > lalu aktifkan Waiting Room.

3. Nonaktifkan opsi lain, termasuk opsi Join Before Host. Fitur berbagi layar untuk non-hosts juga harus di-nonaktif-kan dan juga fitur lainnya. Untuk menonaktifkan ini lewat ikon roda bergerigi di kanan atas dan pilih opsi yang tidak akan diaktifkan.

4. Setelah rapat dimulai dan semua peserta hadir kunci rapat tersebut agar peserta tak diundang tidak bisa bergabung.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading