Corona, Bos BI Imbau Warga +62 Transaksi Via M-Banking Cs

Tech - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
31 March 2020 17:16
Bos BI Perry Warjoyo mengimbau masyarakat menghindari transaksi uang tunai selama wabah virus corona. BI menyarankan bertransaksi dengan elektronik channel.
Jakarta, CNBC Indonesia - Guburnur Bank Indonesia Perry Warjoyo kembali mengimbau masyarakat menghindari transaksi uang tunai selama wabah virus corona covid-19. BI menyarankan bertransaksi dengan elektronik channel.

"Kecukupan uang beredar kami pastikan cukup, tidak hanya front loading tapi tambah uang di ATM. Kami imbau [masyarakat] menggunakan lebih banyak elektronik melalui e-banking dan m-banking," ujar Perry Warjiyo dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (31/3/2020).

Untuk mmemastikan bahwa uang Rupiah yang didistribusikan kepada masyarakat adalah uang Rupiah yang telah melalui proses pengolahan khusus guna meminimalisir penyebaran COVID-19, yaitu:
  • Melakukan pengkondisian terhadap setoran uang yang diterima dari perbankan/PJPUR berupa karantina selama 14 (empat belas) hari dan dilanjutkan dengan proses penyemprotan disinfektan sebelum dilakukan pengolahan dan didistribusikan kembali kepada masyarakat.
  • Memperkuat higienitas dari SDM dan perangkat yang digunakan dalam pengolahan uang Rupiah.
  • Melakukan koordinasi dengan perbankan/PJPUR untuk menerapkan langkah-langkah dalam pengolahan uang Rupiah dengan memerhatikan aspek K3 dari sisi SDM maupun perangkat pengolahan uang Rupiah.
Sebelumnya, Guru Besar Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), yang juga Ketua Aliansi Telemedia Indonesia, Pumawan, mengatakan kalau publik harus waspada kalau uang dan barang online adalah benda yang berpotensi terinfeksi.


"Barang-barang yang diterima secara online, itu kita gak tau bagaimana prosesnya dan bagaimana kondisi orang yang mengantarnya. Jadi harus kita lakukan sebagai benda terinfeksi," jelas Pumawan di Graha BNPB, Minggu (29/3/2020).

"Kedua, uang cash itu kan juga menular dari orang ke orang, jadi harus ada caranya. Pegang pakai plastik, dan taruh di tempat khusus," kata dia melanjutkan.
(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading