Jokowi Luncurkan Aplikasi Baru Buat Perangi Corona, Apa Itu?

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
31 March 2020 16:19
Pemerintah secara resmi meluncurkan sebuah aplikasi yang berguna untuk memfasilitasi lingkungan masyarakat soal informasi tentang virus corona covid-19.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah secara resmi meluncurkan sebuah aplikasi yang berguna untuk memfasilitasi lingkungan masyarakat akan kebutuhan informasi tentang virus corona serta memudahkan pemerintah untuk memetakan daerah mana yang terinfeksi Covid-19.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko pada hari ini, Selasa (31/3/2020), bahwa aplikasi ini bernama 10 Rumah Aman yang berfungsi membantu aplikasi PeduliLindungi yang sebelumnya telah dirilis.


"Diharapkan aplikasi 10 rumah aman bisa menjadi supporting aplikasi pedulilindungi. bisa mengukur suhu tubuh dalam satu lingkungan maka yang tentunya diperlukan alat tambahan," ujar Moeldoko.


Menurutnya, dengan aplikasi 10 Rumah Aman, masyarakat dalam satu lingkungan tertentu dapat memonitoring sesama dengan mengecek suhu tubuh lewat bantuan alat sehingga informasi tersebut bisa dibaca oleh orang di lingkungan itu.

Moeldoko juga menjelaskan aplikasi ini menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). Teknologi AI menghubungkan data berbasis peta dan lingkungan sekitar melalui perangkat telepon seluler dan terhubung dengan platform media sosial.

Selain itu didalam aplikasi ini juga terdapat layanan untuk masyarakat dapat berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan bantuan dari platform pendukung.

" Aplikasi ini dapat menyediakan layanan  menjual kebutuhan sehari hari misalnya tanihub, lalu konsultasi kesehatan dari prixa, perlengkapan kesehatan dari kimia farma alfa group, serta donasi masayarakat di berbagai yayasan," jelasnya.

Di tempat terpisah Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengatakan,  aplikasi ini juga ingin memastikan bahwa seluruh masyarakat tetap berada di dalam rumah: bekerja, belajar, dan beribadah di rumah, saling mengingatkan dan menjaga agar selalu dalam keadaan sehat dan baik dengan menjaga jarak aman .

"Ada pengukuran suhu berkala, berbagi masakan/makanan, inspirasi hidup sehat, periksa mandiri dan update peta sebaran individu berdasarkan suhu tubuh normal atau di atas normal," tuturnya.

Untuk memudahkan akses masyarakat, aplikasi 10 Rumah Aman akan terintegrasi dengan beberapa aplikasi lain seperti ChatBot covid19.go.id, PeduliLindungi, Halodoc, Alodokter, Good Doctor, Sahabatdokter, SehatQ, Sehatpedia dan KlikDokter.

"Aplikasi 10 Rumah Aman merupakan kolaborasi perusahaan anak negeri dari beragam sektor yaitu WIR Group, COMPRO, Prixa.ai, Disrupto serta perusahaan komunikasi dan konten anak negeri, Kennedy Voice Berliner (KVB)," ujar Johnny.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading