PeduliLindungi, Aplikasi Indonesia Untuk Lacak Suspect Corona

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
28 March 2020 14:09
Aplikasi PeduliLindungi ini memiliki kemampuan layaknya aplikasi pelacakan serupa milik Singapura yakni tracetogether.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, mengumumkan pada Jumat malam, (28/3/2020), saat pihaknya bersama Kementerian BUMN telah mengembangkan aplikasi untuk tracing, tracking dan fencing untuk menanggulangi dan mencegah pandemi Covid-19.

"Nama aplikasi ini yang dalam uji coba dan stressing test dikenal dengan nama sementara PeduliLindungi masih akan dimintakan persetujuannya kepada Bapak Presiden. Kita berharap Beliau yang akan memberikan nama resminya nanti," ujar Johnny.


Aplikasi PeduliLindungi ini memiliki kemampuan layaknya aplikasi pelacakan serupa milik Singapura yakni tracetogether. Namun dikembangkan murni oleh anak bangsa.


"Meskipun ada kesamaan fungsi tapi aplikasi yang dikembangkan oleh Kemenkominfo dan KemenBUMN ini memiliki konfigurasi yang berbeda. Mengingat infrastruktur dan ekosistem telekomunikasi kita yang berbeda dengan subscriber hampir 300 jutaan MSISDN," ungka Johnny.

"Di samping itu fiturnya juga lebih kaya misalnya akan dikembangkan fitur fencing dan warning," tambahnya.

Ia juga menerangkan kalau aplikasi ini terus dikembangkan agar bisa diinstall tidak hanya untuk pasien positif, namun juga kasus ODP, PDP dan Suspect tapi oleh seluruh masyarakat melalui smartphone.



Saat ini dashboard surveillance berbasis web page dan aplikasi tracing serta trackingnya ini hanya digunakan oleh pemerintah dan sudah siap diterapkan kepada pasien positif corona.

"Aplikasi yang diperuntukan bagi masyarakat dan akan diberi nama oleh Bapak Presiden tersebut diharapkan secara aktif didownload melalui play store atau appstore setelah diluncurkan minggu depan," katanya.

[Gambas:Video CNBC]





(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading