Anies: Usia 20-40 Tahun Paling Banyak Tertular Corona

News - Lidya Julita S, CNBC Indonesia
28 March 2020 13:15
Usia 20 tahun - 40 tahun adalah usia paling tinggi tertular dan menularkan virus asal Wuhan tersebut.
Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bahwa tingkat penularan tertinggi dari virus corona atau Covid-19 ada di anak muda dan paruh baya. Usia 20 tahun - 40 tahun adalah usia paling tinggi tertular dan menularkan virus asal Wuhan tersebut.

Menurutnya, tidak hanya di Indonesia, tapi diseluruh dunia menyebutkan bahwa anak muda berperan paling besar dalam penyebaran virus ini.

"Teman-teman muda harus sadar bahwa tingkat penularan tertinggi ada di mereka, usia 20-40 tahun, itu paling tinggi. Di seluruh dunia datanya begitu," ujar Anies saat berbincang bersama Deddy Corbuzier di Channel Youtubenya, Sabtu (28/3/2020).


Oleh karenanya, ia menilai peran anak muda sangat penting dalam meminimalisir penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan sadar akan pentingnya social distancing.

"Di mana-mana anak muda paling banyak pergi, berinteraksi, anak muda paling banyak tertular. Ini adalah suatu masalah yang harus dikerjakan seluruh masyarakat terutama anak muda dan pemerintah," kata dia.

Ia mengakui bahwa ini adalah tantangan dan masa paling sulit bagi RI. Sebab, ia melihat virus tidak pandang bulu dalam penyebarannya sehingga tidak boleh dianggap remeh.

"Kita punya tantangan besar dan ini nggak gampng dan panjang, dan kita yang monitor ini dari dalam tahu persis bahwa apa yang terjadi di negara lain sumber pelajaran bagi kita. Karena itu jangan anggap RI beda. Virus ini nggak kenal social ekonomi, bisa kena siapa saja," tegasnya.



[Gambas:Video CNBC]





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading