Bukti Terbaru Huawei & Apple Cs Korban Keganasan Corona

Tech - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
26 March 2020 14:08
Bukti Terbaru Huawei & Apple Cs Korban Keganasan Corona Foto: REUTERS/Dado Ruvic
Jakarta, CNBC Indonesia - Penyebaran virus corona COVID-19 menghantam industri ponsel global. Berdasarkan riset Counterpoint Research penjualan smartphone global anjlok 14% pada Februari 2020.

China jadi negara dengan penurunan penjualan ponsel terdalam di dunia. Penjualannya anjlok 38% pada Februari lalu secara tahunan (yoy). Namun kini tanda-tanda pemulihan sudah terlihat karena banyak toko ponsel yang buka pada pertengahan Maret.


Ada juga tanda-tanda pemulihan di Korea Selatan, tetapi untuk bagian dunia lain, "yang terburuk belum datang," kata Jean Park, seorang analis senior Counterpoint, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (26/3/2020).


Wabah corona telah mendorong Apple dan pembuat smartphone lainnya menutup toko di China pada Februari lalu dan data pemerintah menunjukkan penjualan Apple kurang dari 500.000 unit di pasar China selama sebulan.

Pembuat smartphone menghadapi gangguan rantai pasokan baru karena banyak negara memutuskan lockdown (menutup wilayah). Foxconn, salah satu pemasok utama Apple, mengatakan akan menghentikan sementara operasi di India sesuai dengan perintah pemerintah.

Sebelumnya, lembaga riset Strategy Analytics menyebutkan pada Februari 2020 pengiriman (pengapalan) smartphone dunia anjlok hingga 38% secara tahunan (yoy) atau menjadi 62 juta unit.

Di saat yang sama, pengiriman dan penjualan ponsel anjlok masing-masing 69% dan 64% secara tahunan. Ini karena Huawei sangat bergantung pada pasar China setelah tak mendapatkan lisensi Android dari Google.

Adapun pengiriman dan penjualan Xiaomi pada Februari turun 32% dan 29% secara tahunan, namun penurunan yang lebih dalam dari Huawei membuat Xiaomi berhasil menyabet posisi tiga pengiriman ponsel terbesar di dunia yang selama ini dipegang oleh Huawei.

Pengiriman ponsel Huawei di Februari mencapai 5,5 juta unit atau turun 6,7 juta unit dari bulan sebelumnya. Adapun pengiriman ponsel Xiaomi turun 4 juta menjadi 6 juta unit. Selisih pengiriman Xiaomi dan Huawei hanya 500.000 unit, seperti dilansir dari laporan Strategy Analytics, Selasa (24/3/2020).

Adapun Samsung dan Apple masih nyaman diposisi puncak sebagai vendor ponsel dengan pengiriman terbesar di dunia. Pengiriman ponsel Samsung Februari 2020 mencapai 18,2 juta unit dan Apple 10,2 juta unit.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading