Komputer Super Ini Temukan 77 Calon Obat Corona Menjanjikan

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
24 March 2020 16:52
Sejumlah ilmuwan kini mulai meminta bantuan komputer super untuk menghambat penyebaran virus corona COVID-19 dengan menemukan senyawa obat corona.
Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah ilmuwan kini mulai meminta bantuan komputer super untuk menghambat penyebaran virus corona COVID-19 dengan menemukan senyawa obat untuk virus yang pertama kali ditemukan di China ini.

Para peneliti dari Oak Ridge National Laboratory baru saja merilis hasil dari projek dengan memakai komputer super buatan IBM bernama Summit untuk menemukan obat-obatan paling efektif dalam memerangi corona.


Awalnya, ada 8.000 senyawa obat yang diujicobakan dan komputer super Summit dengan algoritmanya memperpendek waktu untuk reaksi obat. Hasilnya, kini ada 77 obat yang potensial sebagai calon obat corona.


"Summit diperlukan untuk mempercepat mendapatkan hasil dari simulasi yang kami butuhkan. Waktunya hanya satu atau dua hari, sementara dengan komputer biasa butuh berbulan-bulan,"ujar Jeremy Smith salah satu peneliti, seperti dilansir dari New York Post, Selasa (24/3/2020).

Para peneliti ini mengungkapkan penelitian ini bukan berarti sudah ditemukan obat virus corona tetapi penelitian ini untuk mengetahui apakah ada karakteristik dari senyawa obat yang bisa digunakan untuk mengurangi penyebaran virus.

"Hasil ini bukan berarti kami sudah menemukan obat atau perawatan untuk virus corona, tapi kami berharap temuan komputasi ini akan mengkonfirmasi studi di masa depan dan memberikan kerangka kerja yang dapat digunakan peneliti untuk menyelidiki senyawa ini lebih lanjut," ujar Jeremy Smith

Senyawa obat yang telah ditemukan para peneliti itu, sekarang dapat berperan dalam mengembangkan perawatan baru atau bahkan vaksin yang sangat efektif yang akan menjaga virus agar tidak berakar di dalam tubuh seseorang.

Hingga kini belum ditemukan vaksin anti corona, pertahanan terbaik kita terhadap virus corona adalah menjaga jarak sosial (social distancing).

[Gambas:Video CNBC]




(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading