Toko Online Pasang Harga Barang Tak Wajar, Siap-siap Diblokir

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
24 March 2020 13:40
Menkominfo Johnny G Plate menegaskan bahwa para pedagang online yang menaikkan harga produk kesehatan saat ini akan ditindak tegas dengan cara diblokir.
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menegaskan bahwa para pedagang online yang menaikkan harga produk kesehatan saat ini akan ditindak tegas dengan cara diblokir.

Kenaikan harga yang tidak wajar ini untuk memanfaatkan kepanikan masyarakat di tengah wabah virus corona COVID-19 yang sudah masuk ke Indonesia.


"Khususnya terkait dengan produk-produk kesehatan yang dibutuhkan dan obat-obatan. kami mengingatkan jangan sampai ada akun atau merchant yang menaikkan harga karena selain di blokir akan ada langkah-langkah penertiban," ujar Johnny, pada konferensi pers. 23 Maret 2020.


Johnny meminta agar platform digital tidak akan membiarkan terjadinya fluktuasi harga yang di luar kendali supaya masyarakat tetap dapat membeli produk-produk kala virus corona.  memastikan tersedianya produk-produk yang diperlukan masyarakat saat ini. "Agar demand dan supply terjaga dengan baik," ujar Johnny.

Dalam kesempatan yang sama, Tokopedia mengaku sudah proaktif dengan memblokir puluhan ribu pedagang yang menaikkan harga alat kesehatan di luar batas kewajaran sejak Covid-19 melanda Indonesia. Tokopedia juga mengaku terus menyempurnakan sistem otomatisnya agar arahan pemerintah atas harga barang tetap terjaga.
 
"Kami juga berharap partisipasi dari kita semua melalui fitur laporkan, kami akan segera memeriksa semua laporan  yang masuk dan kami akan ambil tindakan tegas sesuai peraturan yang berlaku," ujar Co-founder and Vice-Chairman Tokopedia, Leontinus A. Edison.
 
Senada, Bukalapak juga mengaku sudah mengambil tindakan terhadap pelapak yang mengambil keuntungan tidak wajar di tengah situasi saat ini. Mereka mengklaim akan terus memantau dan melanjutkan tegas yang telah dilakukan jika diperlukan.
 
Lebih dari itu, Johnny juga mengapresiasi seluruh platform digital yang mendukung kebijakan dan bekerja dan belajar dari rumah serta kampanye Gerakan Sosial atau Physical Distancing. 

"Gojek dan Halodoc yang telah memberikan dukungan fasilitas untuk pemantauan dan pengecekan kesehatan dari rumah. Bukalapak, Tokopedia, serta Gojek dan Grab yang membuka peluang untuk bekerja dari rumah. Serta Ruangguru yang memfasilitasi proses belajar dari rumah," jelasnya.

Menteri Johnny turut mengimbau agar masyarakat memanfaatkan layanan yang disediakan platform digital tersebut secara maksimal. 

"Kami mendorong kegiatan belanja dari rumah, konsultasi dari rumah, dan belajar dari rumah. Pemerintah juga mengimbau agar harga barang dan jasa di platformnya tidak ada kenaikan yang tidak terkendali," jelasnya.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading