Menkominfo: Kabel Laut Fiber Optik Papua Putus Karena Alam

Tech - Novina Putri Bestari, CNBC Indonesia
07 June 2021 18:27
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate (Tangkapan Layar Youtube Kemkominfo TV)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Gerard Plate memberikan keterangan pers perihal gangguan sistem komunikasi di beberapa wilayah Papua pascaputusnya kabel laut, beberapa waktu lalu. Dalam keterangan pers yang disiarkan Youtube Kemkominfo TV, Senin (7/6/2021), Johnny mengungkapkan faktor utama di balik gangguan tersebut.

Sebagai catatan, peristiwa itu terjadi pada Jumat (30/4/2021) pukul 19.40 WIB atau 21.40 WIT. Gangguan telekomunikasi dipicu putusnya kabel laut fiber optik ruas Biak-Jayapura tepatnya pada posisi 280 km dari kota Biak di kedalaman 4.050 meter di bawah permukaan laut.

"Gangguan infrastruktur telekomunikasi ini hingga saat ini dari hasil pengamatan kami diakibatkan karena faktor alam," kata Johnny.




Politikus Partai Nasdem itu bilang kalau musibah itu bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, sudah lima kali terjadi di mana hasil evaluasinya menunjukkan faktor alam sebagai penyebab utama.

"4 kejadian sebelumnya diakibatkan oleh faktor alam. 1 akibat alat bantu penangkapan ikan. Sehingga dapat kami simpulkan sementara sebelum nanti keputusan evaluasi akhir disampaikan pada media, yaitu potensi diakibatkan oleh faktor alam," ujar Johnny.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading