China Beri Uang Tunai Rp 21 Juta Bagi Warga Terkena Corona

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
03 March 2020 15:50
China punya cara unik untuk melawan penyebaran virus corona COVID-19. Salah satunya memberikan uang tunai.
Jakarta, CNBC Indonesia - China punya cara unik untuk melawan penyebaran virus corona COVID-19. Salah satunya langkah yang diambil sebuah kota di Provinsi Hubei China ini yang menawarkan hadiah puluhan ribu yuan bagi masyarakat yang melapor terkena virus corona.

Hubei merupakan pusat dan asal penyebaran virus corona COVID-19. Salah satu kota di Provinsi Hubei menawarkan warganya 10.000 yuan atau setara Rp 20,5 juta (US$1.425,96) jika mereka secara proaktif melaporkan gejak penyakit dan setelah diperiksa dinyatakan positif virus corona.


Kota tersebut adalah Qianjiang, sebuah kota berpenduduk satu juta orang, terletak sekitar 150 km di ibu kota provinsi Wuhan (China). Wilayah ini telah melaporkan 197 kusus dan sedang meningkatkan upaya memastikan warga yang terinfeksi diisolasi dan dirawat.


Ini adalah cara terbaru dari sejumlah daerah di China untuk mendorong warganya secara sukarelawan memeriksakan kesehatannya.

Gugus tugas Qianjiang mengatakan yang setelah diperiksa warga dipantau terkena virus corona akan dibayar 1.000 yuan, sementara mereka yang suspect virus corona akan dibayar 2.000 yuan, seperti dilansir dari Reuters, Senin (3/3/2020).

Kota lain di Hubei, termasuk distrik Wuhan di Hanyang dan Huangguang, juga telah menawarkan hadiah uang tunai bagi orang-orang yang secara sukarela melakukan pemeriksaan medis, totalnya 500 yuan.

Media lokal di provinsi Jiangxi dan Hebei juga telah melaporkan kota-kota setempat menawarkan hadiah sekitar 300-500 yuan bila mau memeriksakan diri ke pusat kesehatan untuk mendeteksi corona.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading