Cara Hasilkan Uang dari TikTok, Simak Nih!

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
03 March 2020 12:39
TikTok kini memiliki kepopuleran yang pesat diseluruh dunia termasuk Indonesia. Gimana cara hasilkan uang dari aplikasi China ini.
Jakarta, CNBC Indonesia - Media sosial (medsos) buatan ByteDance yaitu TikTok kini memiliki kepopuleran yang pesat diseluruh dunia termasuk Indonesia. Banyak para penggunanya berlomba membuat video berkualitas untuk menarik banyak pengikut.

Sayangnya, berbeda dengan Youtube yang memiliki sistem AdSense agar para content creator-nya mendapatkan penghasilan dari video yang ia buat. TikTok sampai hari ini belum memiliki sistem monetisasi serupa.


Walau begitu, ada beberapa cara untuk memonetisasi atau mendapatkan penghasilan di TikTok. Berikut diantaranya:

1. Mendapat Sponsor

Seiring berjalannya waktu ketika anda sudah memiliki banyak pengikut (followers) dan video mendapat banyak penyuka (likes). Pastinya akan ada sebuah brand yang melirik anda untuk mengiklankan produknya di video, tentunya dengan bayaran yang anda bisa sesuaikan dengan pihak pengiklan. 

Ini adalah sumber pendapatan utama bagi sebagian besar influencer di TikTok. Bentuk kerjasama sponsor sendiri bisa hanya berupa audio atau produknya ditampilkan berbarengan konten video yang anda upload.

2. Jual Merchandise

Jika anda sudah memiliki audiens/pengikut yang banyak, anda bisa mencoba untuk menjual merchandise contohnya pakaian karena TikTok sendiri memiliki fitur yang dapat menautkan link di dalam video dan bio profil. Dengan memanfaatkan fitur ini, kalian bisa menautkan link akun e-commerce yang anda buat untuk berjualan.

3. Sinergikan Dengan Medsos Lain

Seperti yang kita tahu, video di TikTok bisa anda simpan atau bagikan ke aplikasi lain seperti Instagram atau Youtube. Ketika anda telah membuat video yang berkualitas di TikTok kalian bisa bagikan ke Instagram untuk menambah endgagement atau upload di Youtube agar bisa mendapat uang dari AdSense.

Meski ada iklan di TikTok sekarang, tetapi tidak ada yang berlangsung di tengah-tengah video kreator TikTok. Ini dikarenakan video TikTok yang relatif pendek, tidak lebih dari 60 detik.

"(Perusahaan TikTok) mengeksplorasi berbagai peluang untuk menciptakan nilai bagi mitra kami, dengan fokus utama kami adalah menciptakan pengalaman hebat bagi komunitas," kata perwakilan TikTok kepada TheVerge, (3/2/2020).

Juru bicara tersebut pun tidak menyebutkan apakah AdSense akan hadir ke platform TikTok.

"TikTok adalah platform untuk pengalaman yang kreatif, seru, dan positif. Brand yang kami lihat paling sukses adalah mereka yang kreatif," sambungnya.

[Gambas:Video CNBC]



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading