Kreator TikTok Bakal Kebagian Cuan Iklan, Mau?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
05 May 2022 13:30
FILE - In this July 21, 2020 file photo, a man opens social media app 'TikTok' on his cell phone, in Islamabad, Pakistan. President Donald Trump said Saturday, Sept. 19, 2020 he’s given his “blessing” to a proposed deal between Oracle and Walmart for the U.S. operations of TikTok, the Chinese-owned app he’s targeted for national security and data privacy concerns. (AP Photo/Anjum Naveed, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - TikTok merancang program bagi hasil pendapatan iklan dengan kreator konten yang punya minimal 100.000 followers. Kreator konten bakal kebagian setengah dari pendapatan iklan dari brand tertentu.

Skema bagi hasil tersebut adalah bagian dari program TikTok Pulse yang rencananya bergulir mulai Juni di Amerika Serikat. Kreator di pasar lain baru bisa menikmati program ini pada periode musim gugur, atau sekitar kuartal IV/2022.

Dalam program TikTok Pulse, TikTok memberikan akses bagi brand untuk menargetkan iklan mereka secara spesifik. Pemilik merek bisa menempatkan iklan mereka berdampingan dengan kategori konten tertentu termasuk kecantikan, fesyen, binatang peliharaan, gim, hingga olahraga.


TikTok belum mengungkapkan berapa banyak kreator yang bisa langsung menerima jatah bagi hasil pada tahap awal program Pulse. Namun, sistem baru ini jelas bertujuan untuk menarik lebih banyak kreator untuk bergabung dengan TikTok dan mendorong kreator yang sudah bergabung untuk lebih rajin memproduksi konten.

Sebelumnya, TitTok telah memperkenalkan Creator Next yaitu portal yang menggabungkan segala macam perangkat yang bisa dimanfaatkan oleh kreator untuk memonetisasi konten mereka.

Di Creator Next, kreator bisa belajar tentang cara menerima hadiah virtual dan pembayaran dari fans yang menyaksikan konten video dan siaran langsung mereka. Mereka juga bisa terkoneksi dengan brand untuk menerima konten sponsor dengan bergabung dengan Creator Marketplace.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Facebook & Snap Sepakat, Masa Depan Media Sosial Mirip TikTok


(dem/dem)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading