'Obat' Virus Corona Dijual Tokopedia Cs, Harganya Rp 95.000

Tech - Gustidha Budiartie, CNBC Indonesia
28 February 2020 16:42
Penyebaran virus corona semakin masif. Hingga kini sudah ada 54 negara yang terkonfirmasi terjangkit penyakit ini.
Jakarta, CNBC Indonesia - Penyebaran virus corona semakin masif. Hingga kini sudah ada 54 negara yang terkonfirmasi terjangkit penyakit ini.

Laporan Moody's Analytics mengatakan jika kasus ini meningkat dengan cepat di luar China, maka ada kemungkinan wabah menyebar dua kali lipat, dari 20% menjadi 40%.

Sampai detik ini belum ada obatnya. Nah AS sendiri baru saja memulai percobaan untuk menguji keamanan dan efektivitas obat antivirus remdesivir pada pasien terinfeksi virus corona.


Di tengah kekacauan akibat virus corona, ternyata sudah mulai banyak toko online yang menjual beberapa obat yang entah ada pengaruhnya atau tidak untuk virus corona.


Coba saja browsing 'Obat Virus Corona' di beberapa toko online. Misalnya di Tokopedia.

'Obat' Virus Corona Dijual Tokopedia Cs, Harganya Rp 95.000Foto: Screenshot Obat Virus Corona


Di toko online tersebut, ketika ditelusuri langsung ada banyak pelapak yang mengiklankan beberapa obat. Misalnya obat herbal cegah penularan corona yang dijual Rp 975.000.

Kemudian dijual juga 'Propoelix Anti Corona' yang dijual Rp 599.000.



Ada juga yang jelas-jelas pelapak menjual langsung 'Obat Virus Corona dan Anti Malaria' yang hanya berharga Rp 95.000. Setelah dicek obat tersebut merupakan Primaquine. Primaquine adalah obat yang digunakan untuk menangani atau mencegah penyakit malaria, penyakit yang disebabkan oleh parasit.

'Obat' Virus Corona Dijual Tokopedia Cs, Harganya Rp 95.000Foto: Screenshot Obat Virus Corona


Di toko online OLX juga, sudah banyak barang-barang yang menggunakan nama corona. Misalnya Masker N-95 untuk virus corona yang dihargai Rp 70.000. Hingga Thermometer infrared untuk corona virus Rp 700.000.

Hal yang sama juga terjadi di toko online Bukalapak. Di sana banyak sekali suplemen pencegah virus corona yang entah punya pengaruh atau tidak.

Di AS, situs e-commerce Amazon sendiri telah menghapus produk palsu yang menjual 'obat corona'.

Raksasa E-Commerce Amerika ini mengatakan telah melarang penjualan lebih dari 1 juta produk yang mengklaim dapat mencegah bahkan menyembuhkan penggunanya dari infeksi dari virus corona.

Amazon menyatakan berkomitmen mengawasi setiap transaksi dan berupaya mencegah segala bentuk penipuan di E-Commerce terbesar dunia itu. Amazon juga mengatakan telah menghapus puluhan ribu produk yang dijual oleh pedagang dengan harga berlipat ganda sejak menyebarnya virus ini seperti masker dan antiseptik.


[Gambas:Video CNBC]




(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading