Bersihkan HP Lebih Efektif Setop Corona Ketimbang Masker?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
18 February 2020 13:59
Membersihkan ponsel secara reguler dan mencuci tangan dianggap sebagai cara terbaik untuk melawan penyebaran virus corona ketimbang menggunakan masker.
Jakarta, CNBC Indonesia - Membersihkan ponsel secara reguler dan mencuci tangan dianggap sebagai cara terbaik untuk melawan penyebaran virus corona ketimbang menggunakan masker. Hal ini disampaikan oleh Direktur Medical Services Kementerian Kesehatan Singapura Kenneth Mak.

Sebelumnya empat dokter menyarankan warga Singapura menggunakan masker ketika keluar rumah dan menghindari komunikasi di depan umum.

Namun menurut Kenneth Mak saran tersebut belum tentu efektif. Pasalnya tidak ada bukti corona bisa menyebar lewat udara. Ia pun menyarankan warga untuk membersih ponsel mereka.


"Waspada hal-hal yang biasa Anda sentuh. Hal yang paling sering disentuh adalah ponsel Anda, jadi menggunakan masker bukanlah hal yang paling penting," ujarnya seperti dilansir CNBC Indonesia dari Business Insider, Selasa (18/2/2020).

Berbagai penelitian memang menunjukkan smartphone mengandung lebih banyak kuman ketimbang kursi toilet. Ponsel merupakan barang paling kotor yang dimiliki seseorang karena paling sering dipegang, bahkan ponsel dibawa ke toilet.

Hal buruknya lagi ponsel sering didekatkan ke mata, hidup, dan mulut. Hal ini terjadi karena pengguna memakai ponsel untuk menelpon atau menerima telepon seseorang.

Menurut penelitian dari empat peneliti dari Massachusetts Institute of Technology, membersihkan ponsel dengan perangkat UV smartphone sanitizer adalah cara paling efektif membunuh kuman.

Menggunakan larutan alkohol juga efektif membersihkan ponsel, ujar penelitian tersebut, dan menambahkan celah antara ponsel dan casing mengandung lebih banyak bakteri daripada layar.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading