Pengguna WhatsApp Tembus 2 Miliar, Aman Gak Sih?

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
14 February 2020 19:47
WhatsApp penggunanya aktif per bulan tembus 2 miliar atau setara seperempat penduduk dunia. Seperti apa keamanannya?
Selain enkripsi end-to-end, WhatsApp juga menghadirkan tiga fitur keamanan yang bila diaktifkan bisa meningkatkan keamanan dari aksi kejahatan. Berikut fiturnya:

1. Gunakan Two-step verification

WhatsApp memiliki fitur Two-step verification yang juga merupakan langkah yang berguna untuk mengamankan akun anda dari peretasan. Jadi, ketika anda memasukkan akun Whatsapp pada perangkat lain/baru, otomatis akan ada kode yang harus diisi terlebih dahulu sebagai akses masuk.


Untuk mengaktifkan Two-step verification untuk nomor Anda:
  • Buka WhatsApp> Pengaturan> Akun> Two-Factor Authentication > Aktifkan
  • Masukkan kode sandi 6 digit dikirimkan WhatsApp
  • Masukkan email pemulihan jika Anda lupa kode sandi.
2. Gunakan pengamanan sidik jari atau fingerprint lock

Fitur ini akan menghindarkan WhatsApp kamu dibajak oleh teman-teman yang iseng sebab fitur ini menggunakan pemindai sidik jari untuk membuka aplikasi WhatsApp di Android.

Caranya aktifkannya: Setting -> Account -> Privacy -> Fingerprint Lock. Setelah masuk ini kamu akan diminta memasukkan sidik jari dan menentukan berapa lama aplikasi WhatsApp akan menutup sendiri.

3. Gunakan Touch ID dan Face ID

Fitur keamanan ini hanya bisa dinikmati pada perangkat iPhone dengan minimal iOS 9. Jadi Touch ID sendiri merupakan fitur pengunci sidik jari, sedangkan Face ID dengan pemindah wajah.

Untuk mengaktifkan Touch ID dan Face ID, pengguna dapat membuka aplikasi WhatsApp > Settings > Account > Privacy > Screen Lock > aktifkan Touch ID atau Face ID. Pengguna dapat mengetuk untuk memilih jumlah waktu sebelum Touch ID atau Face ID diminta.



(roy/roy)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading