Terungkap! Ini Cara Facebook Sisipi WhatsApp dengan Iklan

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
26 April 2020 17:48
WhatsApp
Jakarta, CNBC Indonesia - Rencana lama Facebook melakukan monetisasi WhatsApp melalui iklan masih berlanjut bahkan kian matang.

Meski rencana ini sempat tertunda pada awal tahun, rencana ini nyatanya akan tetap berjalan seperti yang telah dilakukan Facebook pada Instagram.

Mengutip Tech Radar, Minggu (26/4/2020) adapun cara yang digunakan Facebook adalah dengan mencocokkan nomor ponsel yang didaftarkan pengguna kita pertama kali bergabung di Facebook dan Instagram.


Artinya, kemungkinan iklan yang akan ditampilkan pada WhatsApp, Facebook dan Instagram sama. Sementara itu, CEO Facebook, Mark Zuckerberg memang berencana mengintegrasikan infrastruktur ketiga raksasa media sosial. Pemasangan iklan ini akan dilakukan ketika integrasi ini selesai dilakukan.



Juru Bicara Facebook mengkonfirmasi bahwa iklan akan menjadi salah satu cara perusahaan memonetisasi WhatsApp. "Iklan merupakan peluang jangka panjang bagi WhatsApp," ujarnya seperti dilansir dari Engadget, Minggu (26/4/2020).

Hingga saat ini Facebook belum memonetisasi WhatsApp secara maksimal. Monetisasi hanya dilakukan melalui WhatsApp Business, sementara pengguna WhatsApp yang paling banyak belum berbayar alias gratis.

Facebook telah mengucurkan dana besar untuk mengakuisisi WhatsApp. Facebook mengakuisisi WhatsApp pada 2014 senilai US$19 miliar. Bentuknya US$4 miliar dalam bentuk uang tunai dan sisanya harga sama Facebook. Ketiga dibeli harga saham Facebook US$55 per saham.

[Gambas:Video CNBC]




(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading