Tetap Fokus Saat Kerja di Rumah, Ini Tips Bill Gates Cs

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
22 April 2020 19:34
Bill Gates
Jakarta, CNBC Indonesia - Sudah sebulan lebih kebijakan bekerja dari rumah diterapkan, bahkan di beberapa negara sudah ada yang berlangsung berbulan-bulan.

Suasana rumah yang berbeda dengan kantor, menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua. Rasa jenuh terutama, bisa membuat produktivitas saat bekerja terganggu.

Lantas bagaimana menjaga produktivitas agar kembali ke jalurnya, berikut adalah beberapa saran dari para pebisnis dunia.

Steve Jobs: Fokus dan simple
 
Ada kisah terkenal di dunia bisnis tentang saran Steve Jobs kepada CEO Nike yang baru diangkat, Mike Parker.


Parker meminta saran kepada Jobs tentang apa yang harus dilakukan dengan merek Nike ketika Jobs mengatakan kepadanya bahwa Nike membuat beberapa produk terbaik di dunia tetapi juga membuat banyak omong kosong.

Singkirkan omong kosong dan fokus pada hal-hal yang baik. Nasihat yang sederhana dan masuk akal, dari Jobs adalah Anda tidak dapat melakukan semuanya jadi hanya fokus pada apa yang dapat Anda lakukan saat ini dan lakukan dengan baik.



Mark Zuckerberg membuatnya sederhana
"Saya benar-benar ingin menjernihkan hidup saya sehingga saya memiliki keputusan sesedikit mungkin tentang apa pun kecuali yang terbaik untuk melayani komunitas ini," kata Zuckerberg.


Dia pun memberi saran ketika hal itu berhasil, sederhanakan hal-hal dan minimalkan setiap pengambilan keputusan.  Sebelum Anda meninggalkan pekerjaan, buatlah daftar hal-hal yang harus dilakukan untuk hari berikutnya untuk menghindari kesulitan dan meningkatkan produktivitas segera.



John D. Rockefeller : istirahat
 
Dalam buku, Titan: The Life of John D. Rockefeller, Sr, penulis Ron Chernow membiarkan kita semua dalam cara kerja Rockefeller.

"Dia bekerja dengan kecepatan yang lebih santai daripada banyak eksekutif lainnya, tidur siang setiap hari setelah makan siang dan sering tidur di ruang santai setelah makan malam," tulis buku tersebut.


Dia juga mengatakan bahwa kita semua bisa berbuat lebih banyak jika kita bergegas dan menjalani kehidupan bisnis dengan kecepatan yang seimbang. 

Intinya, dia menyarankan untuk beristirahat sejenak untuk menjernihkan pikiran Anda atau hanya duduk sejenak untuk mengumpulkan pikiran, meningkatkan energi dan kreatifitas Anda.



Bill Gates percaya pada kekuatan tiga layar

Tidak mengherankan, Bill Gates mengklaim cara paling efektif untuk melakukan banyak hal adalah dengan menggunakan teknologi.  Dalam sebuah wawancara tahun 2006, Gates mengungkapkan bagaimana ia bekerja dengan memantau tiga layar untuk mengimbangi banyaknya tugas yang menghadang.


 "Saya membiarkan kotak masuk Outlook saya terbuka di layar ke kiri sehingga saya bisa melihat pesan baru saat masuk. Saya biasanya memiliki pesan atau dokumen yang sedang saya baca atau tulis di layar tengah dan layar di sebelah kanan adalah tempat saya memiliki ruang untuk membuka browser atau melihat dokumen yang seseorang kirimkan kepada saya melalui email," kata dia.

Jadi begitulah, kedengarannya sangat sederhana.  Simpanlah barang-barang paling penting di depan Anda dan pekerjaan pendukung Anda yang mengelilinginya. 


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading