Cegah Virus Corona, Xi Jinping Luncurkan Aplikasi Canggih Ini

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
11 February 2020 15:20
Cegah Virus Corona, Xi Jinping Luncurkan Aplikasi Canggih Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - China meluncurkan upaya baru memerangi virus corona. Pemerintah negeri tirai bambu ini meluncurkan aplikasi yang memungkinkan orang mengetahui apakah mereka berisiko terkena virus corona.

Aplikasi bernama Close Contact Detector, akan memberitahu pengguna jika mereka berada di dekat seseorang yang telah dikonfirmasi atau diduga tertular virus corona. Untuk melakukan penyelidikan, pengguna memindai QR code pada ponsel mereka.

Setelah aplikasi baru terdaftar dengan nomor telepon, pengguna diminta untuk memasukkan nama dan nomor ID mereka. Setiap nomor telepon yang terdaftar kemudian dapat digunakan untuk memeriksa status hingga tiga nomor ID.


Aplikasi ini dikembangkan bersama oleh pemerintah China dan China Electronics Technology Group Corporation dan didukung oleh data dari otoritas kesehatan dan transportasi.

"Di China, dan di seluruh Asia, data tidak dilihat sebagai sesuatu yang harus dikunci, itu adalah sesuatu yang dapat digunakan. Asalkan dilakukan secara transparan cara, dengan persetujuan di mana diperlukan," ujar Carolyn Bigg, pengacara teknologi dari perusahaan DLA Piper, seperti dilansir dari BBC, Selasa (11/2/2020).

"Dari perspektif China, ini adalah layanan yang sangat berguna bagi orang-orang ... Ini adalah alat yang sangat kuat yang benar-benar menunjukkan kekuatan data yang digunakan untuk kebaikan," tambahnya.

Aplikasi ini memberikan informasi tentang:
  • Orang yang bekerja bersama, berbagi ruang kelas, atau tinggal di rumah yang sama.
  • Staf medis, anggota keluarga atau orang lain yang telah melakukan kontak dekat dengan pasien dan pengasuh mereka
  • Penumpang dan kru yang telah naik pesawat, kereta api dan transportasi lainnya dengan orang yang terinfeksi.


[Gambas:Video CNBC]


(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading