Tak Bertele-tele, Ini Cara Buat Gmail Baru dalam 180 detik

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
06 February 2020 12:45
Penggunaan Gmail, layanan email milik Google ini banyak digunakan karena berfungsi vital untuk bekerja, mengirim tugas kuliah, dan lain sebagainya.
Jakarta, CNBC Indonesia - Penggunaan Gmail, layanan email milik Google ini banyak digunakan karena berfungsi vital untuk bekerja, mengirim tugas kuliah, dan lain sebagainya.

Apalagi jika kalian memiliki smartphone Android maka kalian diharuskan memiliki akun Gmail agar bisa menikmati layanan Google hingga download aplikasi dan game.


Gmail sendiri tidak memungut biaya apapun bagi penggunanya alias gratis. Bagi yang belum punya, berikut cara mudah membuatakunGmail cuma 3 menit;
 
1. Membuat Akun Google di PC

Pertama-tama kalian perlu mendaftarkan diri dan membuat akun Google. Caranya masuk ke https://accounts.google.com/signup.


Setelah itu kalian akan diminta untuk mengisi data diri dengan lengkap mulai dari nama depan, nama belakang, username yang ingin digunakan dan password. Pastikan username dan password yang kalian gunakan unik agar tidak mudah ditebak dan ditembus oleh orang jahil.

Setelah semua terisi klik Next dan isi kolom yang belum terisi dengan data yang benar. Kemudian kalian akan diminta untuk mengisi tanggal lahir dan jenis kelamin.

Kalian juga akan diminta untuk memberikan nomor ponsel dan akun recovery yang berguna untuk pemulihan akun. Data ini bersifat opsional yang bisa kalian isi sekarang atau nanti.

Klik Next Step dan kalian akan melihat kotak dialog yang berisi syarat dan ketentuan, kemudian klik I Agree. Selesai hanya dalam waktu 180 detik alias 3 menit.

2. Membuat Akun Google di Ponsel Android
Pertama buka aplikasi Settings atau Pengaturan di ponsel Android kalian. Cari menu Account atau Google di Settings lalu pilih Add Account atau tambah akun.

Pilih opsi Create Account yang ada di sisi kiri bawah layar. Kemudian di menu pop-up pilih opsi For myself. Isi kolom yang ada dengan nama depan dan nama belakang kalian kemudian klik Next.

Kemudian akan ada dua kolom untuk memasukkan tanggal lahir dan jenis kelamin, isi kolom tersebut dan klik Next. Selanjutnya Google akan menawarkan beberapa opsi alamat Gmail khusus untuk kalian.

Kalian bisa memilih rekomendasi Google atau menggunakan username kalian sendiri dengan memilih opsi Create your own Gmail address. Klik Next jika username kalian sudah sesuai.


Masukkan password di kolom yang tersedia, dan ulangi lagi untuk konfirmasi. Setelah itu klik Next. Selanjutnya akan muncul beberapa halaman konfirmasi, klik I Agree atau Next.

Google akan memproses akun kalian, setelah itu akan ada notifikasi yang mengatakan bahwa kalian sudah membuat akun Gmail baru.

[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading