Hindari Virus Corona, Warga China Pakai Aplikasi Canggih Ini

Tech - Redaksi, CNBC Indonesia
04 February 2020 15:46
Warga China saat ini ramai menggunakan aplikasi peta dan pemantau perjalanan khusus untuk menghidari area yang sudah terjangkit virus corona
Jakarta, CNBC Indonesia - Warga China saat ini ramai menggunakan aplikasi peta dan pemantau perjalanan khusus untuk menghidari area yang sudah terjangkit virus corona dan untuk persiapan menghadapi bahaya yang mereka hadapi.

Aplikasi ini dibuat oleh perusahaan data perpetaan QuantUrban dan pihak ketiga WeChat mini-program, yang mengambil data resmi dari pemerintah terkait area yang sudah terinfeksi virus ini.


Aplikasi WeChat bernama YiKuang atau Epidemic Situation memantau kota di selatan Shenzhen dan Guangzhou, sementara QuanUrbans memantau 9 kota di provinsi.


"Melihat peta memberikan rasa aman secara psikologis. Anda memang tidak bisa menjamin tak akan ada kasus baru, tetapi setidaknya Anda bisa menghindari daerah yang terjangkit," ujar seorang manager yang bekerja di Shenzhen, seperti dilansir dari Reuters, Selasa (4/2/2020).

Pada Senin lalu, jumlah kasus virus corona di Shenzhen mencapai 245 kasus dan jadi kota terparah terpapar virus corona.

"Kami mau menyebar informasi pada peta agar publik dapat melihat dengan baik bagaimana situs epidemi ini didistrubusikan dan mengingatkan semua orang untuk membuat perlindungan yang memadai," jelas co-founder dan CEO QuantUrban.

Selain data pemerintah, kedua aplikasi ini mengandalkan data sukarelawan untuk tetap up-to-date.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading