Grab Mau Bisnis Ponsel Daur Ulang? Ini Fakta Sebenarnya

Tech - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
01 February 2020 11:56
Kontribusinya bukan hanya dalam bentuk pendapatan tetapi juga menjadi ensemble bagi bisnis-bisnis Grab lainnya.
Jakarta, CNBC Indonesia - Grab Holdings telah mengembangkan usahanya di berbagai lini usaha pesan antar. Grab dikabarkan tertarik untuk mengembangkan bisnis daur ulang ponsel.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, yang mengatakan bahwa perusahaan ride-hailing service Grab Holdings tertarik untuk berinvestasi pada manufacturing smartphone daur ulang.

"Saya juga sudah bicara dengan Grab, mereka ada niat melakukan investasi remanufacturing dari mobile phone yang sudah relatif tua atau sudah rusak, remanufacturing menjadi mobile baru dan ini berkiatan dengan IMEI itu sendiri," ujar Agus Gumiwang, di Davos, Swiss, pekan lalu.



President Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan, Grab sendiri saat ini sudah beralih menjadi super app, di mana para customer juga sudah bisa berbelanja berbagai macam kebutuhan.

Meski sudah beralih menjadi super app, Ridzki melanjutkan ride hailing tetap memberikan kontribusi utama kepada perusahaan. Kontribusinya bukan hanya dalam bentuk pendapatan tetapi juga menjadi ensemble bagi bisnis-bisnis Grab lainnya.

Pasalnya dalam bisnis GrabFood untuk pengantarannya membuatkan ride-hailing atau bisnis Grab Express juga butuh ride-hailing.


Kemudian saat disinggung perihal rencana bisnisnya untuk daur ulang handphone, Ridzki mengaku hal tersebut masih dalam tahap pembicaraan awal. Cuma menurutnya Indonesia perlu mengaktifkan smartphone yang layak karena akan membantu mendorong ekonomi digital.

"Potensi ekonomi digital Indonesia tak kurang dari US$100 miliar, smartphone yang layak dan terjangkau adalah kuncinya. Mari kita lihat ke depannya," ujar Ridzki kepada CNBC Indonesia di Davos, Swiss, pekan lalu.

Ridzki mengungkapkan akan menjelaskan lebih jauh tentang hal ini dalam waktu dekat tetapi pihaknya akan tunduk pada aturan yang berlaku di Indonesia.

Menurut pantauan Kementerian Perindustrian, industri Handphone, Komputer, dan Tablet (HKT) merupakan salah satu sektor strategis yang dalam perkembangannya menunjukkan tren meningkat dan berkontribusi positif bagi perekonomian nasional.


[Gambas:Video CNBC]





(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading