Terintegrasi dengan QRIS, Bayar di Warung Bisa Scan HP

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
31 January 2020 16:23
Sejumlah warung dalam di bawah bendera GrabKios bakal menerapkan pembayaran dengan sistem Quick Response Code Indonesian atau QRIS.
Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah warung dalam di bawah bendera GrabKios bakal menerapkan pembayaran dengan sistem Quick Response Code Indonesian atau QRIS.

Head of GrabKios, Agung Nugroho mengatakan tahun ini GrabKios bakal menyediakan alternatif metode pembayaran yang lebih mudah bagi pelanggannya.

"Ini inisiatif yang penting untuk inklusi keuangan," ujarnya di kantor GrabKios, Jakarta, Kamis (30/1/2020).



Sesuai dengan arahan Bank Indonesia, nantinya semua warung akan menggunakan QR. Sehingga pelanggan warung dapat berbelanja dan membayarnya dengan aplikasi dompet digital yang dimiliki.

"Selain mendukung gerakan non-tunai BI, program ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kemudahan pembayaran serta membuka pintu bagi mitra dan pelanggan untuk bisa mengakses produk finansial lainnya," imbuhnya.

Selama 5 tahun terakhir, GrabKios telah menghadirkan beberapa layanan yang secara signifikan menambah penghasilan para mitranya. Mulai dari berbagai produk digital misalnya pulsa dan paket data, token listrik, pembayaran tagihan seperti air, listrik, telepon, multifinance, hingga pendaftaran mitra pengemudi Grab. Ke depannya, GrabKios akan terus menambah variasi produk digital lain untuk terus meningkatkan pendapatan mitra.


Selain layanan tersebut, GrabKios juga hadir dengan layanan pengiriman uang atau domestic remittance yang diluncurkan sejak Mei 2019. Dibantu oleh Bank BNI, layanan ini sudah dinikmati oleh 300 ribu pelanggan warung dengan lebih dari 1 juta transaksi.

"Dengan layanan ini GrabKios berada pada posisi terbaik memperluas jangkauan layanan keuangan masyarakat yang memiliki keterbatasan akses digital dan perbankan hingga pelosok negeri," pungkasnya.

[Gambas:Video CNBC]






(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading