Erick Thohir Ungkap Fokus Bisnis Telkom & 'Robot AI' di BUMN

Tech - Monica Wareza, CNBC Indonesia
28 January 2020 11:47
Erick Thohir Ungkap Fokus Bisnis Telkom & 'Robot AI' di BUMN
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri BUMN Erick Thohir juga ikut mengamati perkembangan teknologi untuk diimplementasikan. Salah satunya soal kehadiran kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dalam mendukung BUMN.

Erick Thohir mengatakan untuk menghadapi era 'robot AI' semua tergantung pada bisnis model yang akan diterapkan oleh perusahaan. Contohnya, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) yang akan difokuskan pada bisnis data dan cloud (komputasi awan).


"Saya dengan Dirut Telkom ke Singapura kita benchmarking karena Telkom kan shrinking. Dengan Telkom bisnisnya menurun, mereka akan fokus di data dan cloud," ujar Erick saat menyampaikan kuliah umum bertajuk "Misi Untuk Indonesia Maju" di Grand Studio, Metro TV, Jakarta Barat, Selasa (28/1/2020). 


Di sektor perbankan, lanjut Erick Thohir, ia akan mendorong penggunaan AI untuk mengimplementasikan teknologi collection distribution the money. Ia mengingatkan agar bank BUMN tak terlena.

"Tenaga kerja tidak semua BUMN bisa melakukan new job creation karena sulit. Kita dorong BTN dengan partner JBIC dengan bunga murah dan bisa efisien," jelasnya.

(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading