HP Jeff Bezos Dihack, WhatsApp Ngaku Tak Salah Tapi iPhone

Tech - Arif Budiansyah, CNBC Indonesia
27 January 2020 11:05
Ponsel iPhone X milik CEO Amazon, Jeff Bezos diduga diretas melalui WhatsApp oleh aktor jahat yang melibatkan Pangeran Arab Saudi, Mohammed Bin Salman.
Jakarta, CNBC Indonesia - Ponsel iPhone X milik CEO Amazon, Jeff Bezos, baru saja mengalami peretasan melalui pesan WhatsApp yang diduga ada keterlibatan putra mahkota Arab Saudi, Mohammed Bin Salman.

Sementara itu beberapa pihak menyalahkan Facebook atas kerentanan WhatsApp yang memungkinkan peretasan terjadi. Merasa sistem keamanannya dipertanyakan, Facebook pun buka suara terkait aplikasinya.

Wakil presiden Facebook, Nicola Mendelsohn, mengatakan kalau masalah terjadi bukan karena lemahnya keamanan Whatsapp, melainkan pada sistem operasi pada ponselnya


"Satu hal yang perlu diperhatikan sebenarnya beberapa kerentanan yang ada itu berada di sistem operasi yang ada di smartphone," kata Nicola di ajang World Economic Forum, dikutip dari Phonearena, (27/1/2020).


Meski tidak menyebut secara spesifik. Nicola seakan menyindir kerentanan sistem operasi buatan Apple karena yang sudah diketahui ponsel pribadi yang dipakai Bezos yakni iPhone.

Sama halnya dengan pernyataan Nicola, saat diwawancari oleh BBC, kepala komunikasi Facebook, Nick Clegg pun turut menyebutkan bahwa peretasan terjadi karena celah keamanan dari sistem operasi ponsel Bezos.

"Kedengarannya seperti terjadi di [iOS], Anda tahu, apa yang mereka sebut sistem operasi. Tidak mungkin itu bisa terjadi [peretasan], ketika pesan dikirim dalam perjalanan, karena itu end-to-end dienkripsi di WhatsApp," ujar Nick.

HP Jeff Bezos Dihack, WhatsApp Ngaku Tak Salah Tapi iPhoneFoto:WhatsApp (REUTERS/Dado Ruvic)

Selain itu Amerika Serikat (AS) menyerukan penyelidikan atas dugaan dikirimkannya spyware oleh akun WhatsApp Mohammed bin Salman pada 2018.

Hal ini dimulai dengan makan malam dan pertukaran nomor telepon dan akun WhatsApp antara keduanya pada tahun 2018. Lalu putra mahkota Arab membagikan sebuah klip video 4,22MB yang dikabarkan berisi sebuah malware yang disebut Pegasus.

Jeff Bezos disinyalir menjadi target oleh Arab Saudi karena saat ini dia memegang tampuk The Washington Post, yang menerbitkan karya dari Jamal Khashoggi. Sebagaimana diketahui Agen-agen Saudi membunuh Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober 2018 atas arahan putra mahkota, menurut CIA.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading