Cegah Kejahatan, Intip 3 Fitur Keamanan Grab

Tech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
24 January 2020 19:06
Cegah Kejahatan, Intip 3 Fitur Keamanan Grab
Jakarta, CNBC Indonesia - Grab memiliki fitur pusat keselamatan terbaru, di mana semua penumpang sekarang dapat mengakses beberapa fitur keselamatan dalam satu ketukan.

Sebelumnya, fitur keselamatan yang memungkinkan pengguna untuk membagikan detail perjalanan mereka dengan orang yang terdekat, meminta bantuan darurat, dan melaporkan masalah keselamatan terletak secara terpisah di dalam aplikasi. Sekarang, ketiga fitur ini berada di Pusat Keselamatan, membuatnya jauh lebih mudah diakses oleh para pengguna.


Berikut fitur terbaru tersebut, mengutip dari keterangan resmi Grab di Jakarta, Jumat (24/1/2020).


1. Share My Ride, yaitu fitur yang menawarkan kepada penumpang opsi untuk memberi akses bagi keluarga atau orang tercinta melacak lokasi GPS mereka langsung dan status perjalanan. Fitur ini semakin ditingkatkan dengan memberikan perkiraan waktu kedatangan, serta rincian
mitra pengemudi.

2. Report a Safety Issue/Laporkan Masalah Keselamatan adalah fitur yang memungkinkan penumpang dapat dengan mudah melaporkan masalah keselamatan, misalnya, mengemudi yang tidak aman, kapan saja dalam perjalanan mereka sehingga Grab dapat mengambil tindakan cepat terhadap potensi insiden keselamatan.

3. Get Emergency Assistance/Dapatkan Pertolongan Darurat digunakan jika terjadi keadaan darurat, penumpang dapat meminta bantuan dari tim respon insiden Grab 24/7. Peringatan SMS yang berisi detail perjalanan mereka dan lokasi saat ini akan secara otomatis dikirim ke Kontak Darurat yang didaftarkan. Fitur ini juga telah ditingkatkan untuk memungkinkan penumpang melacak status bantuan darurat.

Selanjutnya fitur Pusat Keselamatan melengkapi fitur keamanan lainnya yang telah ada sebelumnya yaitu:

1. SOS Button/Tombol Darurat di mana mitra pengemudi dapat secara mudah menekan tombol notifikasi di dalam aplikasi Grab kepada kontak darurat apabila mereka merasa terancam. Melalui cara ini, pusat panggilan darurat Grab dan orang-orang terdekat akan diberitahukan kapanpun saat mereka terancam.

2. Kamera GrabSiaga. Mengikuti "Safety Technology Roadmap" yang diluncurkan Grab bersama Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Kepolisian Indonesia pada November 2018, Grab juga bermitra dengan JVC-KENWOOD untuk melengkapi 3.000 GrabCar dengan kamera GrabSiaga yang dimaksudkan untuk mencegah tindakan yang tidak sesuai atau perilaku pengemudi yang agresif.

3. Free Call (VoIP), memungkinkan Penumpang dan pengemudi kini dapat memilih "Free Call" yang akan memberikan panggilan gratis dalam aplikasi Grab. Selain menjaga keamanan dan privasi, fitur ini juga akan memberikan kemudahan komunikasi setelah penumpang memesan kendaraan.

4. Verifikasi Wajah Pelanggan dan Pengemudi Melalui Swafoto. Fitur ini berguna bagi Penumpang yang tergabung dalam Grab untuk pertama kalinya harus melakukan verifikasi wajah secara langsung sebagai bentuk identifikasi sebelum memesan kendaraan untuk pertama kalinya. Pengemudi juga diwajibkan melakukan verifikasi wajah secara berkala untuk dapat masuk ke dalam aplikasi yang dipakai.

5. Grab Defence merupakan Penyempurnaan deteksi dan antisipasi kecurangan untuk melindungi mitra pengemudi yang jujur.

Kemudian Fitur terbaru lainnya adalah fitur Pemantauan Perjalanan bagi Penumpang dan Mitra Pengemudi. Melalui fitur ini Grab menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) untuk mendeteksi pemberhentian yang tidak direncanakan.

Ketika sistem Grab mendeteksi pemberhentian yang tidak direncanakan, penumpang akan secara otomatis menerima pemberitahuan dalam aplikasi yang menanyakan apakah penumpang atau pengemudi memerlukan bantuan.


Jika mereka membutuhkan bantuan, mereka akan segera diarahkan ke Pusat Keamanan di mana mereka dapat memilih satu atau lebih dari opsi berikut pertama membagikan detail informasi perjalanan kepada teman dan keluarga secara langsung dan kedua Melaporkan masalah keamanan, terakhir Meminta bantuan darurat.

"Kami terus berinovasi untuk terus memungkinkan pelanggan kami mendapatkan akses ke layanan sehari-hari yang lebih berkualitas dan lebih aman. Harapan kami, penumpang akan menghargai layanan bernilai tambah yang kami tawarkan ini dan terus memilih Grab sebagai layanan pilihan mereka untuk melayani perjalanan sehari-hari," ujar Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi.


[Gambas:Video CNBC]





(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading