Pejabat PBB Tak Pakai WhatsApp Buat Chatting, Takut Disadap?

Tech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
24 January 2020 14:42
Pejabat PBB Tak Pakai WhatsApp Buat Chatting, Takut Disadap?
Jakarta, CNBC Indonesia - Pejabat tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ternyata tidak menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi. Alasannya, aplikasi chatting milik Facebook ini tidak didukung sebagai sebuah mekanisme yang aman.

Fakta ini terungkap ketika Juru Bicara PBB, Farhan Haq, menjawab pertanyaan wartawan 'apakah Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres berkomunikasi dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman atau pemimpin dunia lain menggunakan WhatsApp'.


"Pejabat senior di PPB telah diperintahkan tidak menggunakan WhatsApp. Aplikasi ini tidak didukung sebagai sebuah mekanisme yang aman," ujar Farhan Faq, seperti dilansir CNBC Indonesia dari Reuters, Jumat (24/1/2020).


Farhan Faq menambahkan arahan untuk tidak menggunakan WhatsApp diberikan kepada petinggi PBB pada Juni 2019. "Jadi saya tidak percaya Sekjen PBB menggunakan WhatsApp," terangnya.

WhatsApp, Putra Mahkota Arab Saudi dan Jeff Bezos sedang ramai dibicarakan. Dikabarkan ponsel Jeff Bezos diretas menggunakan akun WhatsApp milik Putra Mahkota Arab Saudi. Peretasan ini membuat percakapan Jeff Bezos dengan selingkuhannya terungkap ke publik.

Pejabat PBB Tak Pakai WhatsApp Buat Chatting, Takut Disadap?Foto: Aplikasi WhatsApp (REUTERS/Dado Ruvic)


Kedutaan besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat membantah kabar tersebut dengan menyebut laporan tersebut absurd dan menuntut investigasi atas laporan tersebut.

Menanggapi langkah yang diambil PBB, WhatsApp mengatakan pihaknya menyediakan security system terkemuka untuk 1,5 miliar lebih penggunanya.

"Setiap pesan pribadi dilindungi oleh end-to-end encryption untuk mencegah orang lain melihat percakapan. Teknologi enkripsi yang kami kembangkan dengan Signal mendapat pengakuan dari pakar cyber security dan telah menjadi yang terbaik yang tersedia untuk orang-orang di seluruh dunia," ujar Direktur Komunikasi WhatsApp Carl Woog.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading