Autonomous Vehicle Bakal Jadi Kendaraan di Ibu Kota Baru

Tech - Efrem Linsam Siregar, CNBC Indonesia
16 January 2020 11:41
Autonomous Vehicle Bakal Jadi Kendaraan di Ibu Kota Baru
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali membahas rencana pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur. Kali ini di pelantikan Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia masa bakti 2019-2022 di ballroom Hotel Raffles Jakarta, Rabu (15/1/2020).

"Saya ingin menyampaikan pindahnya ibu kota bukan pindahnya lokasi atau memindahkan gedung kementerian. Kita gagas perpindahan mindset, perpindahan pola kerja, kultur kerja, kita install sistem sehingga orang mengikuti sistem itu, bukan yang lain," katanya.


Memang, wajah baru Indonesia akan terlihat di sana. Salah satunya sistem transportasi massal yang autonomus. Terkait ini Menteri Perhubungan Budi Karya saat mengunjungi calon lokasi IKN pada September 2019, pernah mengungkapkan IKN akan dilengkapi Autonomus Rail Rapid Transit (ART).


ART salah satu alternatif moda transportasi massal di IKN baru karena ramah lingkungan, mampu menampung banyak penumpang dan tepat waktu. Kecanggihan semacam ini yang diharapkan Jokowi bisa memberi efisiensi pada masyarakat.

"Kita ingin membangun misalnya transportasi, di sana transportasi umum adalah autonomous. Mobil-mobil pribadi juga autonomous dan electric vehicles dan saya juga memiliki mimpi besar agar kita menjadi ibu kota pertama yang transportasi massal, mobil pribadi memakai electric vehicle dan autonomous vehicle. Sistemnya semua kita bangun, sehingga semua efisien dan murah," ujarnya.

Ia pun berharap dukungan pengusaha muda yang tergabung dalam wadah HIPMI untuk mewujudkan transformasi tersebut.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading